batampos.co.id – Badan Pengelolaan Pajak Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kini membuka Gerai Samsat Corner di Tiban, Sekupang, Jumat (10/1/2020).

Ini merupakan Gerai Samsat Corner kelima di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Batam Center.

Kepala BP2RD Kepri, Reni Yusneli, mengatakan, dengan dibukanya Gerai Samsat Corner Tiban ini semakin memudahkan masyarakat khususnya yang berada di Tiban, dan Sekupang untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

”Kita buka di Tiban dalam rangka melaksanakan pelayanan yang prima serta lebih baik kepada masyarakat. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan masyarakat Tiban dan sekitarnya,” tutur Reni.

Diakuinya, selama ini masyarakat Tiban yang biasanya membayar pajak kendaraan di Batam Center ataupun BCS Mall, kini tak perlu lagi jauh-jauh. Sebab di daerah mereka sudah ada Samsat Corner.

”Tentunya kita berharap ini bisa dimanfaatkan. Lebih mudah, lebih dekat dan lebih cepat tentunya,” papar Reni.

Sejumlah warga mendaftar untuk membayar pajak kendaraan di Gerai Samsat Corner Tiban, Jumat (10/1/2020). Foto: BP2RD untuk Batam Pos

Samsat Corner Tiban dibuka setiap hari kerja mulai dari pukul 08.00 WIB hingga sore hari. Di sini melayani semua pembayaran pajak baik itu pajak kendaraan roda dua dan roda empat.

”Ke depan kita juga berencana menambah Samsat Kontainer dan sekaligus me-launching e-samsat. Selain itu, kita juga menjajaki kerja sama dengan Alfamart, Indomart, buka lapak, dan tokopedia. Sehingga ke depan lebih semakin memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraannya,” tambah Reni.

Diketahui, pada 2020 Pemerintah Provinsi Kepri menargetkan Rp 428,3 miliar dari pajak kendaraan bermotor.

Angka ini naik sebesar Rp 28,1 miliar dari target 2019 lalu yang sebesar Rp 400,2 miliar.

”Alhamdulillah, dari tahun lalu kita bisa capai dan melebihi dari target yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Pol Mujiono, menambahkan, Samsat Corner Tiban merupakan cabang kelima.

Kenapa didirikan di sini, Mujiono menjawab, tentunya BP2RD bersama pihak terkait lainnya sudah melihat dan melakukan analisa bahwa wajib pajak yang banyak juga berada di Tiban, Sekupang.

”Kami bagian dari pemerintah mencoba untuk mendekatkan diri kepada para wajib pajak, masyarakat sehingga mereka bisa dengan mudah untuk melakukan pembayaran pajak,” katanya di sela peresmian.

Terkait dengan kerja sama selama ini, lanjut Mujiono, baik itu antara kepolisian dalam hal ini lalu lintas dengan BP2RD dan jasa raharja sudah terbangun dengan baik. ”Mudah-mudahan dengan ada samsat ini menambah semangat wajib pajak untuk membayar pajak kendaraannya,” bebernya.(rng)