Jumat, 29 Maret 2024

Sejumlah Daerah Lirik ATB

Berita Terkait

batampos.co.id – Reputasi PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai perusahaan pengelolaan air bersih terbaik di Indonesia telah menarik perhatian sejumlah daerah di Indonesia. Tahun 2019 lalu, sejumlah pemerintah daerah datang ke ATB untuk menawarkan kerja sama pengelolaan air.

Mereka berharap kehadiran ATB bisa memperbaiki kualitas layanan air bersih di daerahnya. Mulai dari memperluas jangkauan layanan, kualitas air bersih, hingga meminimalisir kebocoran air bersih yang selama ini cukup tinggi.

Salah satu yang paling berminat adalah Pemerintah Kabupaten Samosir. Bupati Samosir Rapidin Simbolon memboyong sejumlah SKPD terkait untuk datang ke ATB guna melihat langsung pengelolaan air di perusahaan ini.

Rapidin dan jajarannya kagum dengan implementasi penge-lolaan air bersih yang dilakukan ATB. Perusahaan ini mampu mengelola sumber air yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Batam yang terus bertumbuh.

Tak hanya datang bersama SKPD terkait, Rapidin juga mengikutsertakan DPRD Kabupaten Samosir dalam kunjungannya. Total sudah tiga kali kunjungan. Pada kunjungan terakhir, Rapidin memperkuat komitmennya untuk menjalin kerja sama.

Dia mengaku telah melakukan survei terhadap sejumlah perusahaan pengelolaan air bersih di Indonesia. Hasilnya, ATB masih menjadi perusahaan terbaik, dengan sistem penge-lolaan yang paling efisien.

Pemkab Samosir berharap bisa menggandeng ATB sebagai pengelola air bersih, sehingga mampu mendorong pertumbuhan kawasan wisata Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional.

“Sudah waktunya ATB juga ada di Samosir, ini impian kami,” ujarnya.

Selain Samosir, ATB juga telah diminta menjadi salah satu pengelola air bersih di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Saat ini, ATB tengah menjalani sejumlah mekanisme yang telah diatur pemerintah.

Pekanbaru punya masalah pengelolaan air yang cukup kompleks. Pada 2017, jangkauan pelayanannya masih 8 persen, sementara tingkat kebocorannya mencapai 70 persen.
ATB yang punya reputasi mentereng dalam mengatasi tingkat kebocoran air tanpa mengorbankan jangkauan layanan menjadi salah satu kandidat kuat untuk mengelola air di Pekanbaru.

Seperti diketahui, saat ini jangkauan pelayanan air bersih ATB di Batam telah menyentuh angka 99,7 persen, dengan tingkat kebocoran hanya 14 sampai 15 persen per tahun. Kualitas SDM juga telah teruji, karena dibekali dengan sertifikasi dan pelatihan yang memadai.

Di lain pihak, ATB juga sudah hadir di sejumlah kota selain Batam. Di antaranya Umbulan, dan Lampung. Pekerjaan konstruksi di Lampung telah selesai dan akan segera beroperasi.

“ATB bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi Batam. Namun, ternyata hasil kerja keras ini menjadi magnet bagi daerah lain yang melihat kisah sukses Batam mengelola air bersih dengan sangat efisien,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus. (leo)

Update