batampos.co.id – Perhimpunan HAKKA Kota Batam menggelar donor darah di depan Hypermart Nagoya Hil, Minggu (12/1) sekitar pukul 10.00 WIB. Kegiatan donor darah di awal tahun 2020 ini bertujuan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memenuhi ketersediaan stok darah yang selalu berkurang karena kebutuhan darah yang sangat tinggi.

”Bukan hanya untuk Batam, tapi untuk Kepri,” kata Ketua Umum HAKKA Batam, Hoksin.

Ia mengatakan, program donor darah Hakka Batam ini rutin digelar tiga kali dalam setahun dan sudah digelar selama enam tahun ini. Selama menggelar donor darah tersebut, animo masyarakat sangat tinggi untuk membantu PMI yang selalu kekurangan kantong darah.

”Ada sekitar 300 peserta pendonor darah yang menyumbangkan darahnya ke PMI Batam,” ujarnya.

Hoksin menjelaskan, program ini merupakan salah satu bakti sosial Perhimpunan HAKKA Kota Batam kepada masyarakat.

Foto bersama saat kegiatan donor darah yang digelar Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera Batam di depan Hypermart Nagoya Hill, Minggu (12/1).
foto: Panitia Donor Darah Perhimpunan Hakka Batam untuk Batam Pos

”Kami berharap ke depannya, semakin ramai peserta pendonor darah, maka semakin banyak kami bisa bantu stok darah PMI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi donor darah baik untuk kesehatan bagi pendonor,” ungkapnya.

Lanjut Hoksin, dalam melaksanakan donor darah ini, HAKKA Batam tidak mendapatkan hari yang sama dengan Hakka pusat untuk menggelar donor darah serentak se-Indonesia.

Hoksin menambahkan untuk Maret 2020 nanti akan bekerja sama dengan Batam Pos dalam kegiatan donor darah.

”Semoga masyarakat Batam dapat rutin mendonorkan darahnya, ’setetes darah kita berarti untuk mereka’,”ujarnya.

Ketua Panitia, Theo Gunawan menjelaskan, dalam kegiatan ini setidaknya di angka 300 pendonor lebih. Salah satu pendonor darah, Rusli Yatim yang usianya sudah 63 tahun mengatakan setiap tiga bulan sekali dia mendonorkan darah.

”Saat ini yang ke-39 kali. Rasanya sehat walafiat sampai sekarang meskipun usia saya agak lanjut,” kata Rusli.

Selain kegiatan donor darah, Hoksin juga menyerahkan bed, bantal dan selimut dari Perhimpunan HAKKA Batam dan Rumah Sakit Aini Batam sebagai penunjang kegiatan donor darah yang sering dilakukan PMI Kota Batam. (opi)