batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, membuka pendaftaran pelatihan bagi para pencari kerja (Pencaker) pada Sabtu (25/1/2020).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, syarat pendaftaran di antaranya, kelengkapan dokumen, belum pernah ikut pelatihan, tidak sedang bekerja, usia antara 18-45 tahun, pendidikan minimal SLTA.

“Pendaftaran dilakukan di Kantor Disnaker,”ujarnya.

Menurut dia, pelatihan yang diberikan adalah pendidikan dasar yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, juga untuk mengurangi daya saing untuk mendapatkan pekerjaan. Pelatihan ini khusus bagi pencaker yang berdomisili di Batam.

Ribuan pencaker memadati bursa kerja di MPH Batamindo, Mukakuning, Batam, beberapa waktu lalu. Disnaker Kota Batam membuka pendaftaran pelatihan untuk para pencaker di Kota Batam. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

“Ada 559 kuota yang disediakan. Nanti pelamar bisa memilih berdasarkan minat mereka dan jenis pekerjaan yang ingin mereka lamar,” kata dia.

“Memang peruntukkannya bagi pencaker lokal. Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap angka pencari kerja yang setiap tahun meningkat,” jelasnya.

Ia menyebutkan setiap tahun lebih dari 41 ribu pencaker terdaftar di Disnaker. Dari jumlah tersebut hanya 35 ribu yang terserap, karena masih terbatasnya lowongan kerja.

“Minimnya daya serap ini karena pencaker masih unskill dan baru tamat sekolah. Untuk itu perlu adanya pembekalan bagi calon pekerja ini,” ujarnya.

Pelatihan yang gelar ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan di Batam. Tujuannya agar penyerapan pencaker di tahun ini lebih banyak.

Selain pelatihan pencaker, Pemko Batam juga menggelar peningkatan keahlian bagi pekerja yang ada di perusahaan.(she)