Jumat, 19 April 2024

27 Januari 2020, Tes SKD CPNS Dimulai

Berita Terkait

batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengumumkan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) rekrutmen CPNS 2019 digelar mulai 27 Januari.

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi diminta mempersiapkan diri. Data Kementerian PAN-RB menyebutkan, jumlah pelamar CPNS 2019 mencapai 4.197.218 orang.

Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berjumlah 3.364.897 orang. Mereka berebut kuota CPNS baru sebanyak 152.286 kursi.

Perinciannya, pemerintah pusat 37.425 kursi dan pemerintah daerah 114.861 kursi. Tjahjo mengatakan, soal untuk SKD sudah dia terima dari Kemendikbud.

Disinggung mengenai tingkat kesulitan soal ujian dibandingkan dengan rekrutmen 2018, dia menjawab diplomatis.

“Saya enggak tahu ya. Karena soal itu yang nyusun tim beberapa perguruan tinggi,” jelas Tjahjo ditemui di Kantor Wakil Presidan, Selasa (14/1/2020).

Kemudian, pembuatan soal ujian untuk seleksi CPNS juga melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Tim dari BNPT ikut menyusul soal ujian untuk kategori wawasan kebangsaan.

Mantan Mendagri itu mengatakan, tes digelar mulai 27 Januari hingga Februari. Secara nomenklatur tetap menggunakan nama rekrutmen CPNS 2019.

Sebab, pelaksanaannya di akhir tahun, namun prosesnya sampai 2020. Tjahjo menyampaikan permintaan maaf lantaran hanya bisa membuka kuota CPNS baru sebanyak 152 ribu kursi.

Pelamar CPNS 2019 mengikuti simulasi tes CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di kantor UPT BKN Batam, Kamis (5/12/2020) lalu. Tes SKD CPNS akan dimulai pada 27 Januari 2020. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Kuota itu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah untuk perampingan birokrasi dan zero growth.

Yakni, rekrutmen CPNS maksimal sama dengan jumlah PNS yang akan pensiun. Dengan begitu, secara nasional, jumlah PNS tidak bertambah banyak.

Politikus PDIP itu juga mengatakan tidak membuka formasi untuk jabatan administrasi. Formasi yang dibuka untuk tenaga fungsional seperti guru, tenaga kesehatan, ahli IT, dan sejenisnya.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan, seluruh peserta akan mengikuti ujian SKD berbasis komputer.

Tidak ada yang menggunakan kertas. Setelah ujian selesai, peserta langsung mengetahui dirinya mendapatkan nilai di atas atau di bawah ambang batas (passing grade).

Setiawan menjelaskan, tahapan setelah SKD adalah seleksi kompetensi bidang (SKB). Pada setiap formasi, diambil tiga kali kuota dengan nilai tertinggi untuk lanjut ke tahapan SKB.

Misalnya, untuk formasi guru agama Islam di salah satu sekolah negeri ditetapkan satu kursi, maka yang diambil ke SKB hanya tiga pelamar dengan nilai tertinggi. Juga yang memenuhi passing grade.

Sementara itu, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, menuturkan data BKN per 14 Januari menyebut total ada 425 titik lokasi (tilok) pelaksanaan tes tersebut.

Tilok untuk instansi pusat dan daerah, BKN menyiapkan kantor pusat, 13 kantor regional, dan 20 unit pelaksana teknis (UPT).

Sementara untuk tilok mandiri, yang sarana dan prasarananya dibiayai oleh instansi penyelenggara rekrutmen, ada sebanyak 391 titik.

Penentuan lokasi pelaksanaan SKD berdasarkan pertimbangan untuk memberikan kemudahan bagi peserta menjangkau tempat seleksi.

“Meski begitu data tilok masih terus bergerak,” ucap Paryono.

Tercatat, jumlah instansi yang membuka rekrutmen untuk formasi CPNS 2019 sebanyak 521 instansi.

Dengan rincian, 65 instansi pusat dan 456 instansi daerah. Update data per pukul 10.00, 14 Januari, seluruh instansi yang membuka rekrutmen sudah melakukan verifikasi akhir seleksi administrasi dengan pelamar berstatus memenuhi syarat sebanyak 3.364.867 orang.

Tes SKD perdana akan diselenggarakan pada 27 Januari mendatang serentak. Untuk tilok area Jakarta, akan bertempat di Kantor BKN Pusat di Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur dan Kantor Regional V BKN Jakarta berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur. (*/wan/fal/han/jpg)

Update