batampos.co.id – Tahun ini Dinas Pendidikan (Disdik) Batam masih akan menambah fasilitas belajar berupa Ruang Kelas Baru (RKB).

Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, mengatakan pembangunan RKB tahun ini masih sama dengan tahun lalu.

“ada 60 RKB akan dibangun menggunakan APBD dan bantuan dari pusat,” ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Ia menargetkan, pembangunan bisa dimulai dalam waktu dekat ini. Sehingga, diharapkan bisa selesai sebelum proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang akan dimulai pertengahan tahun mendatang.

“Berkas sedang disiapkan. Kami berharap bisa selesai dan ditempati usai PPDB Mei mendatang,” katanya.

Ilustrasi pembangunan ruang kelas baru. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Jika melihat jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan digelar April mendatang. Proses PPDB direncanakan akan dimulai bulan Mei.

Untuk menampung siswa baru ini, dibutuhkan ruang kelas baru. Menurutnya, pe-ngajuan pembangunan RKB juga didapatkan dari pusat.

Hendri menyebutkan, anggaran paling besar digunakan untuk membangun RKB sekolah dasar.

Hampir 50 persen dari RKB dipusatkan untuk jenjang SD, sedangkan sisanya akan digunakan untuk sekolah menengah pertama (SMP).

“Fisik banyak di SD karena saat ini mereka membutuhkan ruang kelas. Sebab SD selalu membeludak saat PPDB dibuka,” sebutnya.

Selain RKB, tahun depan Disdik juga akan membangun tiga unit sekolah baru (USB) untuk SMP.

Sekarang ini masih ada beberapa sekolah yang masih menumpang. Hal ini disebabkan karena penambahan sekolah pasca PPDB tahun lalu.

“Kami upayakan semua proyek fisik ini tidak ada penundaan dan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati,” tutupnya.(yui)