Kamis, 18 April 2024

Rebusan Serai, Enak Diseruput Hangat atau Dingin

Berita Terkait

Rebusan serai atau teh serai bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah (Medical News Today)

Teh serai ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk menstabilkan tekanan darah.

Dilansir dari Express, Selasa (14/1/2020), para peneliti melakukan penelitian observasional pada 2012 dengan 72 relawan pria diberi serai / sereh atau teh hijau untuk diminum. Hasil percobaan kemudian dicatat dalam jurnal medis Medical Forum Monthly, yang menyatakan bahwa rebusan serai telah terbukti menurunkan tekanan darah sistolik. Minum rebusan serai juga menyebabkan detak jantung yang jauh lebih rendah.

Gaya hidup dapat memicu pengaruh besar seseorang menderita tekanan darah tinggi atau tidak. Mereka yang berisiko biasanya karena makan terlalu banyak garam.

British Heart Foundation merinci cara menafsirkan pembacaan tekanan darah, yakni tekanan darah rendah: 90 / 60mmHg atau kurang, tekanan darah normal adalah antara: 90 / 60mmHg hingga 120/80mmHg, hipertensi yakni 140 / 90 mmHg hingga 180 / 110mmHgB, hipertensi lebih tinggi yakni 180 / 110mmHg dan lebih tinggi lagi.

Berdasar itu, pasien atau setiap orang diminta rutin untuk mengecek tensi darah setiap hari. Tekanan darah diukur dengan alat yang disebut sphygmomanometer. Hasil dicatat menggunakan dua angka yang mewakili tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dengan rutin minum teh serai bisa membuat tekanan darah lebih stabil. Caranya mudah, cukup tuangkan satu cangkir air mendidih, lalu masukkan batang serai segar atau kering. Saring lalu minumlah. Bisa dinikmati hangat atau tambahkan es batu menjadi rebusan es serai.

Peringatan: Tidak dianjurkan untuk ibu hamil, atau sedang mengonsumsi diuretik, memiliki detak jantung rendah, dan memiliki kadar kalium rendah. Dan sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. (*)

Update