batampos.co.id – Berbekal karir politik selama 20 tahun dan pernah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur menyatakan kesiapannya maju sebagai calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) pada kongres yang akan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, Februari mendatang.

“Setelah ditetapkan tanggal dan lokasi Kongres 2020 secara resmi dan terbuka, saya Asman Abnur menyatakan maju sebagai kandidat calon Ketua Umum DPP PAN,” kata Asman dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

“Niat saya adalah memperbaiki yang belum bagus dan melanjutkan yang sudah baik, serta melakukan terobosan-terobosan baru demi kemajuan partai,” katanya menambahkan.

Asman menjelaskan, alasannya maju sebagai caketum PAN karena pengalaman politiknya selama 20 tahun. Asman menilai dirinya cukup matang untuk memimpin PAN lima tahun ke depan.

Ia mengatakan, karir politiknya dimulai dari awal yaitu tahun 2001 menjadi anggota DPRD Kota Batam, jadi wakil wali kota Batam, dan tahun 2004 menjadi anggota DPR RI hingga saat ini.

“Di sela itu, saya sempat menduduki jabatan kabinet menjadi Menteri PAN RB tahun 2016 sampai 2018, saya menggeluti tugas tata kelola pemerintahan, manajemen pemerintahan, kemudian saya memunculkan beberapa program yang memperbaiki sistem birokrasi, mulai dari sistem rekrutmen PNS, sampai sistem pensiun, sampai penempatan jabatan tinggi di pemerintahan,” ujarnya.

Kedua, Asman ingin menerapkan tata kelola partai secara sistematis sehingga masing-masing unit di PAN menjadi produktif.

Hal itu merupakan program terobosan yang akan dilakukannya dalam lima tahun ke depan.

Asman mengatakan, semangat yang disampaikannya adalah semangat persaudaraan yang akan menjadi fokus utamanya ke depan.

“Kita tahu DPW dan DPD PAN di seluruh Indonesia adalah para ujung tombak partai maka dengan tata kelola yang baik, mereka menjadi calon pemimpin di daerahnya masing-masing yang punya kompetensi,” tuturnya.

Asman Abnur. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Pengusaha asal Batam itu bertekad mengatasi berbagai tantangan partai ke depan yang makin kompleks. Visi misinya adalah menjadikan PAN sebagai partai besar.

“Sebab, visi misi itu menjadi modal saya membuat partai menjadi besar. Nanti, jika saya diberikan kesempatan untuk maju, di kongres akan saya sampaikan visi misi itu. Termasuk program-program kerja yang akan dilakukan jika mendapat amanah memimpin partai,” tuturnya.

Asman juga menyatakan memiliki hubungan baik dengan Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan Asman saat ditanya apakah bakal berkomunikasi dengan Jokowi terkait pencalonannya.

“Yang jelas saya alhamdulillah ya, dua tahun bekerja dengan Pak Jokowi hubungan baik, komunikasi bagus,” katanya.

Selama dua tahun menjabat menteri, Asman mengklaim bekerja secara profesional dan tak meninggalkan rekam jejak yang buruk. Dia mengaku mendapat apresiasi atas kinerjanya itu.

“Saya selama bekerja juga tidak meninggalkan bekas negatif di MenPAN-RB, dan banyak program saya yang banyak apresiasi,” kata Asman.

Asman pun berharap hal-hal itu menjadi modal baginya untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan Jokowi.

Dia tak menampik bakal berbicara dengan Presiden ihwal langkahnya maju sebagai caketum PAN itu.

“Mudah-mudahan saya bisa jadikan modal komunikasi lebih lanjut, tentu untuk kepentingan bangsa, untuk kepentingan PAN ke depan,” kata dia.

Asman mengklaim sudah mengunjungi daerah-daerah sejak lama untuk sosialisasi terkait rencana pencalonannya sebagai Ketum PAN 2020-2025.

Kongres PAN 2020 akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 FeĀ­bruari mendatang.

Mengenai restu dari Amien Rais sebagai pendiri partai yang dianggap menentukan terhadap calon terpilih, Asman mengungkapkan, PAN itu partai terbuka.

“Artinya PAN memberikan kesempatan yang sama kepada semua kader untuk mencalonkan diri. Tentunya kader yang memiliki kemampuan dan visi untuk membesarkan partai,” ujarnya.

“Jadi tidak ada soal restu merestui itu. Di AD/ART partai, yang memilih itu adalah para pengurus partai di seluruh Indonesia. Dalam hal ini DPW dan DPD sebagai pemilik suara,” katanya.

Selain Asman Abnur, Ketua Umum PAN incumben Zulkifli Hasan menyatakan bakal maju kembali. Waketum PAN Mulfachri Harahap juga akan maju.(jpg)