batampos.co.id – Hari ini, Sabtu (18/1/2020), Komisi Pemi­lihan Umum (KPU) Kota Batam membuka pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

“Untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kepri dan Wali Kota-Wakil Wali Kota Batam ini kita membutuhkan 60 PPK. Tiap kecamatan 5 anggota PPK,” kata Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu, Jumat (17/1/2020).

Syarat bagi pendaftar adalah warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun. Calon pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPK. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

“Pelamar harus melampirkan surat keterangan dari puskesmas. Kemarin kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Batam, William Seipattiratu. Foto: Dokumentasi batampos.co.id

Pendidikan pendaftar mini­ma­­l setingkat Sekolah Mene­ng­a­h Atas. Pelamar harus menguasai Microsoft Excel karena dibutuhkan saat in­put hasil penghitungan suara.

Calon PPK juga harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. Serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Ia berharap proses tahapan hingga pemilihan nanti bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu diperlukan anggota PPK yang memahami setiap taha­pa­n.

“Nanti mereka akan diberi bimtek (bimbingan teknis). Tahun ini harus lebih fokus. Kami sangat ingin Pilkada ini sukses, jadi bimteknya harus se­rius. Kalau semua paham tu­gasnya, proses akan berjala­n sesuai jadwal,” kata Willi.(rng)