Salah satu Rusun milik BP Batam yang berada di Tanjunguncang, Batuaji. BP Batam memberikan bonus khusus kepada para penyewa Rusun yang mereka kelola. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

batampos.co.id – Demi meningkatkan pendapatan dari aset, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menambah fasilitas berupa penyejuk ruang atau air conditioner (AC) di tiga rumah susun (Rusun). Tender pengadaan AC sudah selesai pada Oktober 2019 dengan pagu anggaran Rp 1,195 miliar.

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, penambahan AC memang rencana BP Batam dalam meningkatkan pelayanan di rusun-rusun milik BP Batam.

“Untuk yang pertama ini ditempatkan di Kabil, Batuampar dan di Mukakuning,” katanya, Sabtu (18/1/2020).

Pengadaan AC juga akan berpengaruh pada pembagian tarif. Tarif dasar untuk kelas pekerja, menengah ke bawah dan informal, fasiltas tambahannya AC.

“Tarif untuk kelas menengah ke atas akan menerima fasilitas semi apartemen. Proses persiapan fisik sudah dimulai dan akan berjalan pada 2021,” paparnya.

Sedangkan di rusun lainnya seperti di Tanjunguncang, BP Batam akan membangun pintu akses langsung ke perusahaan industri yang ada di sebelahnya.

“Itu untuk mengakomodir pengguna rusun. Kami juga menyiapkan sekuriti untuk meningkatkan keamanannya,” ungkapnya lagi.

Untuk mendongkrak pemasukan, BP membagi tarif sewa rusun berdasarkan lokasinya. Kemudian tarifnya juga dibagi atas empat kategori, yakni kategori untuk tarif untuk kelas pekerja menengah ke bawah, menengah, menengah ke atas dan kelas informal.

“Rusun yang dekat dengan pusat kota agak lebih mahal seperti Rusun Mukakuning dan Batuampar,” ungkapnya. (leo)