batampos.co.id – Tiga nelayan nyaris tenggelam setelah sampan yang mereka naiki terbalik dihantam gelombang ketika memancing ikan di perairan Setokok, Minggu (19/1/2020).

Untung saja lokasi mereka memacing tak jauh dari pulau kecil yang disebut nelayan setempat sebagai pulau Laut. Ketiganya selamat setelah berenang ke pulau tersebut.

Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe, menyebutkan, ketiga nelayan itu ialah Rompen, 33, M Yazid, 22 dan Jefri, 28. Ketiga merupakan warga pulau Setokok.

“Satu nelayan atas nama Jefri, sempat dinyatakan hilang namun akhirnya ditemukan hanyut bersama sampan yang mereka tunggangi,” jelasnya.

Ilustrasi

Menurutnya kejadian tersebut terjadi pada dini hari. Saat itu lanjutnya, angin diperairan tersebut sangat kencang disertai gelombang laut yang cukup tinggi.

Atas kejadian itu, ia mengingatkan agar para nelayan dan masyarakat pulau untuk lebih waspada dan menggunakan alat pengaman jika memang hendak melaut.

“(pakai) Life jacket itu harus. Apalagi saat ini cuaca tidak menentu, mau masuk musim angin utara,” jelasnya.

“Jangan anggap sepela karena sehebat apapun kita pandai berenang tapi dalam keadaan panik hal buruk bisa saja terjadi,” imbaunya lagi.

Kata dia, untuk meninggkatkan kedisiplinan penggunaan jaket pelampun, pihaknya akan mendatangi dan memantau pelabuhan rakyat di setiap pulau.

Bahkan boat pancung tidak di perkenankan melaut sebelum semua penumpang menggunakan jaket pelampung.(eja)