batampos.co.id – Tahun ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka pelayan satu pintu untuk pengurusan dokumen kependudukan.

Salah satu dokumen yang paling banyak diurus masyarakat adalah surat pindah.

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan selama ini pelayanan dokumen terpisah dan menyebabkan masyarakat sedikit mengalami kesulitan.

“Semua kami buat satu loket semua. Jadi petugas sudah ready di loket masing-masing. Jadi ini memudahkan masyarakat yang mau urus dokumen,” kata Said, Senin (20/1/2020).

Ia menjelaskan perubahan sistem pelayanan ini juga disebabkan karena ruang tunggu di bagian pencatatan sipil tidak sanggup menampung antrean masyarakat yang mengajukan permohonan.

“Dulu antrean sampai ke luar pintu. Kalau sekarang kami buat satu loket semua. Jadi masyarakat bisa pilih mau urus apa saja sesuai kebutuhan mereka,” sebutnya.

Masyarakat Kota Batam mengurus dokumen di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Salah satu dokumen yang paling banyak diurus adalah permohonan surat pindah. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Untuk pendaftaran pihaknya menyiapkan dua petugas untuk masing-masing bidang. Selanjutnya warga menuju loket sesuai keperluan.

“Untuk mengisi formulir juga disiapkan meja, biar tak kesulitan. Tapi karena jumlah pemohon lebih banyak jadi mejanya masih kurang. Ini kami evaluasi juga ke depan,” ujarnya.

Di loket pelayanan sudah tertulis berbagai jenis pelayanan. Sehingga ini memudahkan masyarakat yang ingin urus dokumen.

Selain itu, perubahan pelayanan ini juga menghadirkan pelayanan yang lebih transparan dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Satu pintu ini lebih mudah mengontrolnya. Jadi warga bisa langsung tanya di loket jika berkas bermasalah,” tambahnya.

Pelayanan menurutnya di awal tahun cukup ramai. Di loket pengurusan surat pindah keluar dan masuk salah satunya. Pasca Tahun Baru hampir semua pelayanan penuh.

“Pindah masuk dan keluar ini selalu ramai. Sebab Batam termasuk tinggi mobilisasi penduduknya. Kami berharap pelayanan ini bisa lebih baik ke depannya,” tutup Said.(yui)