Jumat, 29 Maret 2024

FCORP Menangkan Kontrak Rp100 Miliar Bangun Jaringan Fiber Optik Pollux Habibie

Berita Terkait

Pengembang kawasan megasuperblok Pollux Meisterstadt Batam, PT Pollux Barelang Megasuperblok atau yang lebih dikenal dengan Pollux Habibie International – perusahaan kolaborasi antara PT Pollux Properti Indonesia Tbk. dan keluarga besar mantan Presiden RI, (Alm) BJ. Habibie, menggelar signing ceremony atau penandatanganan kontrak kerjasama senilai Rp100 miliar dengan perusahaan FCORP atau PT Fasilitas Telekom Nusantara (FTN), Selasa (21/1/2020).

Nilai kontrak tersebut meliputi; implementasi High Teknologi Fiber Optic dengan Gigabite Passive Optic Network (GPON), Building Automation Sistems, GSM Telekomunikasi Selullar, Digital Signage, Elektronik CCTV, Card Akses untuk fasilitas penghuni tenant kawasan Pollux Meisterstadt Batam, serta Services Layanan TriplePlay (Internet, Pay Tv Cable, Telephone). FTN sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan dan jasa dalam bidang IT serta Network Solutions untuk pasar domestik Indonesia dengan spesialisasi Infrastruktur High Teknologi Fiber Optic/GPON, Building Automation Sistems, Elektronik Gedung dan Layanan Multiplay yang mencakup Internet, Pay TV Cable, Telephone serta Building Automation Systems.

Dari kiri ke kanan: Nico Purnomo, Direktur Utama PT Pollux Properti Indonesia Tbk; Ilham Akbar Habibie, Honorary Chairman PT Pollux Barelang Megasuperblok; Sudarmanto, Direktur Utama PT Fasilitas Telekom Nusantara; Dr Suryo Atmanto, Managing Director Pollux Group; Moh. Fitno, Presiden Komisaris PT Fasilitas Telekom Nusantara; dan Ahsan Alala, Direktur PT Pollux Barelang Megasuperblok, berfoto bersama setelah penandatanganan Kontrak Pengadaan Infrastruktur High Technology Fiber Optic Building Automation System di Jakarta, Selasa 21 Januari 2020.

Adapun, acara penandatanganan kontrak kerjasama digelar di Ballroom Raffles Hotel Jakarta dan masing-masing diwakili oleh Direktur Utama PT Fasilitas Telekom Nusantara, Sudarmanto serta Managing Director Pollux Group, RM. Suryo Atmanto. Prosesi penandatanganan juga turut disaksikan oleh Ilham Habibie, selaku Honorary Chairman PT Pollux Barelang Mega Superblok, M.Fitno, Presiden Komisaris PT Fasilitas Telekom Nusantara serta Nico Po, Direktur Utama PT Pollux Properti Indonesia Tbk.

Managing Director Pollux Group, RM. Suryo Atmanto menuturkan, Pollux Properti Indonesia merupakan salah satu pengembang yang cukup selektif dalam pemilihan mitra kerja, termasuk dalam memilih material berkualitas yang digunakan pada seluruh proyek yang dikembangkan Pollux Properti Indonesia.

Hal ini merupakan wujud komitmen Pollux Properti Indonesia untuk mengembangkan proyek berkualitas dan terbaik bagi konsumen.

“PT Fasilitas Telekom Nusantara memiliki pengalaman dan kemampuannya terbaik dalam pengadaan fiber optic yang berkualitas tinggi, hal tersebut terbukti pada proyek yang telah
dikerjakan sebelumnya,” ujar RM. Suryo Atmanto.

Dirinya menuturkan, dengan diimplementasikannya High Teknologi Fiber Optic, nantinya penghuni akan merasakan kecanggihan dan kemudahan tinggal di Pollux Meisterstadt, salah satunya mendapatkan kecepatan jaringan 5G internet di seluruh area Pollux Meisterstadt yang tercover dengan layanan Tripleplay untuk koneksi internet, telepon dan Televisi.

Senada dengan RM. Suryo Atmanto, Honorary Chairman Pollux Habibie International, Ilham Akbar Habibie mengatakan, jika Meisterstadt dirancang oleh tim arsitek yang telah memenangkan berbagai penghargaan untuk mewujudkan visi dari Bapak Dr.-ING. Bacharuddin Jusuf Habibie tentang kualitas hidup yang berkelanjutan dan desain fasilitas masa depan.

Karena itu pihaknya menghadirkan teknologi canggih dengan kualitas tinggi untuk mendukung gaya hidup penghuninya sehingga mereka merasa nyaman berada dalam kawasan Pollux Meisterstadt.

“Meisterstadt Batam merupakan salah satu konsep CBD yang akan dibangun di kota kota besar sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan perkembangan ekonomi indonesia melalui  pembangunan proyek-proyek properti berskala internasional,” jelas Ilham.

Sementara itu, Direktur Utama PT Fasilitas Telekom Nusantara, Sudarmanto menjelaskan, Implementasi High Teknologi Fiber Optic yang diaplikasikan di Meisterstadt Batam menggunakan Gigabite Passive Optic Network yaitu kemampuan dalam men delivery data internet dalam Gigabits.

Menurut Sudarmanto, system ini tergolong modern, sebab pada gedung-gedung lama pada umumnya masih menggunakan Coaxial cable/HFC/UTP dengan kemampuan delivery data internet dalam Megabits.

“Meisterstadt juga akan menggunakan Building Automation System (BAS) untuk melayani kenyamanan penghuni apartemen
maupun gedung. Sehingga ketika saat berada di lokasi manapun, penghuni masih bisa melakukan akseskontrol, sekalipun berada jauh dari area gedung,” jelas Sudarmanto.

Seperti diketahui, mega superblok Meisterstadt dikembangkan di atas lahan seluas 9 hektar.

Kawasan megasuperblok Pollux Meisterstadt Batam

Proyek multifungsi ini nantinya akan merangkum 11 gedung pencakar langit yang terdiri atas 8 menara apartemen sebanyak 6500 unit, 1 hotel, 1 rumah sakit bertaraf internasional, mal, pertokoan serta 1 perkantoran dengan rencana ketinggian 100 lantai.

Tak kurang, sebesar Rp11 triliun dana investasi yang dipersiapkan Perseroan untuk mengembangkan proyek terbesar di Batam tersebut.

Penjualan Meisterstadt dilakukan dalam 4 phase, dimana pada phase pertama telah dipasarkan tiga menara apartemen (A1, A2 dan A3) sebanyak 1.575 unit dan 113 unit ruko.

Ada tiga type unit apartemen yang ditawarkan, yakni type one bedroom dengan total luas 24,82 m2, one bedroom plus seluas 42,51 m2, dan type two bedroom seluas 51,59 m2, dengan harga perdana yang ditawarkan mulai dari Rp400 juta sampai dengan Rp1,1 miliar serta ruko Rp3 miliar.

Saat ini pembangunan Tahap 1 yang meliputi area ruko, mall dan tower apartment (A1,A2,A3 dan A5) sudah mencapai 90% dan saat ini dalam tahap fisnishing. Sementara, progress penjualan untuk Tower 1 dan A2 sudah 100% sold out, Tower 3 sudah 80% dan untuk tower 5, phase 1 yang diluncurkan tahun lalu sudah terjual 80%.

Prosesi serah terima sendiri sudah dilakukan secara bertahap yang dimulai pada Desember 2019 lalu untuk Tower A1. Adapun, unit yang ditawarkan saat ini yaitu luxury penthouse residence di Tower Erlesen (Tower A5) dengan pilihan type mulai dari studio, 1 kamar, 2 kamar sampai 3 kamar dengan view yang sangat menakjubkan ke MBS Singapore.(*)

Update