Kamis, 25 April 2024

Gratis Deteksi HIV-Aids di Puskesmas

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam menyediakan fasilitas kesehatan untuk penderita human immunodeficiency virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, ada sekitar 26 rumah sakit dan puskesmas di Kota Batam yang menyediakan pelayanan VCT (voluntary counselling and testing atau konseling dan tes HIV sukarela) sesuai standar.

Selain itu kata dia, ada juga layanan Care, Support, dan Treatment (CST) untuk empat rumah sakit.

Yaitu RSUD Embung Fatimah, RS Budi Kemuliaan, RS Elisabeth, dan PKM Lubukbaja.
Kemudian untuk penanganan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Batam terdapat di hampir seluruh puskesmas Batam, di antaranya Lubukbaja, Sekupang dan Seipanas.

Ilustrasi warga berobat di Puskesmas Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (20/8/2019) lalu. Dinkes Kota Batam menyediakan fasilitas kesehatan untuk penderita human immunodeficiency virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) secara gratis. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

”Namun untuk pelayanan gratis deteksi HIV-AIDS dilakukan di puskesmas,” jelasnya.

Menurut dia, tak ada syarat khusus untuk masyarakat yang ingin mengikuti layanan tes HIV.

Semua masyarakat, terutama yang merasa berisiko terjangkit virus ini (karena pernah melakukan seks bebas, narkoba, dan risiko lainnya) bisa langsung ke puskesmas.

”Tak ada syarat apapun, bisa langsung ke puskesmas,” ujar Didi.

Dijelaskan Didi, jika positif HIV, maka yang bersangkutan akan menjalani rangkaian perawatan. Untuk biaya juga gratis, mulai konseling hingga obat.

”Untuk obat juga ditanggung pemerintah,” pungkasnya.(she)

Update