batampos.co.id – Kapolresta Barelang, Kombes Prasetyo Rachmat Purboyo, mengatakan, pihaknya akan mengerahkan 700 personel dalam pengamanan Tahun Baru Imlek 2020.

Pengamanan difokuskan ke sejumlah tempat ibadah sepperti kelenteng, vihara dan pusat keramaian.

“Kita kerahkan dua per tiga kekuatan Polresta dalam pengamanan. Sehingga perayaan Imlek nanti akan meriah dan kondusif,” kata Prasetyo di Mapolresta Barelang, Selasa (21/1/2020).

Prasetyo menjelaskan, peng-amanan untuk kelenteng dan vihara nantinya tersebar di kawasan Batam Center, Windsor dan Seipanas.

Ilustrasi personel kepolisian. Polresta Barelang mengerahkan 700 personel untuk mengamankan perayawan Tahun Baru Imlek 2020. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Untuk jumlah kelenteng dan vihara masih kita data. Nanti berapa jumlah personel yang ditugaskan di setiap lokasi, tergantung keramaian dan permintaan,” kata Prasetyo.

Kemudian, sambung Prasetyo, pengamanan juga meliputi seluruh rangkaian kegiatan masyarakat, dari sebelum perayaan, hingga nantinya seluruh rangkaian acara perayaan selesai.

“Nantinya kita lakukan sterilisasi terhadap beberapa vihara yang akan digunakan dalam perayaan Imlek tersebut,” kata Prasetyo.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat bisa segera melaporkan apabila menemukan adanya gangguan keamanan di daerahnya masing-masing.

“Harus tetap utamakan aspek keselamatan, baik saat meninggalkan rumah, di jalan serta di tempat ibadah,” tutupnya.(opi)