batampos.co.id – Revitalisasi Masjid Agung Batam di Batam Center dipastikan akan dilakukan tahun ini.

Lelang pengerjaan fisik direncanakan pada awal April mendatang dan selesai Maret 2021.

”Kalau perkiraan kami, jika pertengahan Maret kontrak, awal April sudah mulai pengerjaan fisik. Mudah-mudahan lancar lelangnya,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Batam, Suhar, Rabu (22/1/2020).

Dalam pengerjaan fisik, Suhar menjelaskan, akan mengganggu aktivitas di masjid tersebut.

Terutama, ruang utama untuk salat. Karena, akan ada perubahan konsep bangunan pada kubah, dari berbentuk limas, menjadi kubah bulat.

Masjid Agung Batam di Batam Center. Kubah masjid ini akan diubah dari limas ke bulat. Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Nanti kami akan rundingkan dengan (pengelola) masjid, bagaimana caranya, apakah samping masjid akan kami siapkan dulu,” jelasnya.

“Soalnya kalau kita kerjakan kubah, pasti akan ditutup sementara bagian masjid tersebut, berbulan-bulan juga kan,” paparnya lagi.

Sementara itu, Ketua Masjid Agung Batam, Firmansyah, mengatakan, pihaknya kini menunggu pemenang lelang revitalisasi masjid ini.

Setelahnya, pembicaraan dengan pihak yang membangun akan dilakukan.

”Tentu ini akan kami bicarakan. Jika bagian tertentu ditutup, kan ada penambahan kiri kanan, mungkin ini bisa diselesaikan dulu, setelah itu selesai baru ke kubahnya,” imbuh Firman.

Bagian samping masjid yang dibangun, akan menjadi lokasi sementara kegiatan sembari menunggu pemasangan kubah masjid.

”Jadi, fungsional masjid tetap jalan, cuma yang terganggu sementara mungkin kapasitasnya. Memang perlu diatur sistemnya supaya tidak tutup total. Kan ibadah lima waktu harus tetap jalan,” pungkas dia.(iza)