F. Dokumentasi Rick Merling
Uang yang ditemukan Howard Kirby dari sofa seken yang dibelinya dari toko barang bekas.

TAK seperti orang lain pada umumnya, Howard Kirby, lelaki asal Michigan, Amerika Serikat ini, memilih membeli sofa bekas. Ia membeli sofa dari toko barang bekas seharga Rp 477 ribu.

Yang mengejutkan, Kirby menemukan uang di dalam salah satu bantal sofa yang dibelinya. Nilainya mencapai Rp 586 juta.

Namun seperti dilaporkan ABC News pada Minggu (19/1/2020), Kirby memutuskan untuk mengembalikan uang yang nilainya ratusan juta rupiah tersebut kepada pemilik awal sofa.

”Dia bisa menggunakan uangnya karena memiliki kebutuhan, tetapi dia mengatakan hanya merasakan dorongan dari Tuhan yang mengatakan bahwa uang itu bukan miliknya,” jelas Rick Merling, manajer dari toko bekas itu.

Kirby akan bertemu dengan pemilik awal sofa pada Kamis (23/1/2020) besok untuk mengembalikan uang tersebut. Pihak toko telah memanggil keluarga untuk mengatakan bahwa Kirby menemukan sesuatu yang pasti mereka mau untuk memilikinya kembali.

Saat ditanya oleh seseorang terkait apakah bantalnya akan dikembalikan atau tidak, Kirby menjawab, ”Tidak, bantal itu harganya Rp 586 juta.”

Berdasarkan laporan dari Merling, rupanya sofa yang dibeli oleh Kirby merupakan milik kakek dari keluarga tersebut, yang meninggal sekitar setahun yang lalu. Keluarga menelepon toko barang bekas untuk meminta mereka mengambil sofa dan meninggalkan informasi kontak mereka.

Kejadian ini tentunya amat sangat mengejutkan mereka, karena semua di luar dugaan.

”Saya pikir mereka mungkin mengharapkan ada beberapa foto tersembunyi. Mereka tidak akan pernah menduga bahwa itu adalah uang,” kata Merling.

Sementara itu, Merling mengatakan bahwa banyak orang-orang yang menyadari barangnya tertinggal di furnitur yang mereka jual. Kirby merupakan orang pertama yang benar-benar mengembalikan sesuatu kepada toko bekas tersebut. (*)