PT. Adhya Tirta Batam (ATB) akan menambah pipa baru ukuran 100 mm (4 Inchi) sepanjang 500 meter di wilayah Bengkong. Penambahan pipa ini adalah untuk meningkatkan kontiniunitas suplai air bersih ke wilayah tersebut.

“Pekerjaan sudah dimulai pada Rabu (22/1) silam. Kita berharap bisa segera selesai tepat waktu,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Penambahan pipa baru ini merupakan upaya ATB untuk meningkatkan kontiniunitas suplai ke wilayah Bengkong Laut dan sekitarnya. Seperti diketahui, air tak mengalir 24 jam ke wilayah tersebut.

ATB telah menurunkan tim untuk mensurvey lokasi tersebut. Berdasakan kajian dari tim, Pipa distribusi untuk mensupplay air ke wilayah tersebut hanya 2 Inchi, sedangkan jumlah warga disana berjumlah lebih dari 400 warga.

Karena itu, ATB melakukan penambahan jaringan pipa 4 Inchi sepanjang 500 meter. Penambahan pipa distribusi ini sudah mulai dikerjakan dan akan selesai dalam waktu 3 minggu kedepan.

Petugas ATB tengah menggelar pipa ukuran 4 Inchi di wilayah Bengkong Laut. ATB memasang pipa baru berukuran 4 Inchi sepanajng 500 meter untuk penguatan suplai ke wilayah Bengkong Laut dan sekitarnya.

“Setelah pekerjaan selesai, kami berharap kontiniunitas suplai ke wilayah Bengkong Laut dan sekitarnya akan jadi jauh lebih baik,” ujar Maria.

Kendati kontiniunitas suplai ke wilayah tersebut akan membaik, namun menurutnya belum akan berlangsung 24 jam. Butuh waktu dan investasi lebih besar lagi untuk menjamin pasokan air 24 jam bagi masyarakat Bengkong Laut.

Dia mengatakan, ATB sebenarnya telah memiliki rencana pembangunan jangka panjang untuk memastikan suplai air bersih kepada penduduk bisa 24 jam. Namun sayangnya, saat ini ATB dibatasi oleh waktu berakhirnya Konsesi.

“ATB telah menjamin kualitas dan kuantitas suplai. Maka konsen kami pada periode berikutnya adalah kontiunitas suplai. Tapi waktu kami terbatas,” ungkapnya.

Sejalan dengan kebutuhan air bersih yang semakin meningkat. Roadmap jalur distribusi pipa ATB sebelumnya perlu mendapat pembaruan. Sejumlah pekerjaan penguatan suplai secara bertahap telah diselesaikan ATB dengan baik.

“Pekerjaan di sejumlah titik yang kami lakukan, memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas suplai. Ini sebagai bentuk menjaga keandalan suplai kepada pelanggan agar semakin baik. Ini tanda bentuk kepedulian kami terhadap pelanggan,” ucap Maria

Setelah 24 tahun memberikan yang terbaik bagi Batam, ATB tak ingin kualitas layanannya turun, walaupun di akhir konsesi. ATB tidak semata-mata memperhatikan keuntungan bisnis, namun tetap mengutamakan pelanggan.

“Pelanggan tidak perlu khawatir, karena kami akan tetap memberikan pelayanan optimal sampai akhir konsesi. Bahkan, kami tidak akan ragu-ragu untuk menambah dana untuk berinvestasi walaupun secara bisnis tidak menguntungkan,” jelasnya. (*)