batampos.co.id – Menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020, kompleks Vihara Dharma Murni Kaveling Lama, Kelurahan Seilekop, Kecamatan Sagulung, mulai bersolek.

Puluhan lampion cantik berwana merah terlihat menghiasi seluruh langit-langit vihara. Tampak pula sejumlah pekerja tengah sibuk mempersiapkan dupa dan kertas doa.

Pengurus harian Vihara Dharma Murni, Atok, mengatakan, menjelang, Tahun Baru Imlek 2571 kali ini tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Hanya sedikit kembali mempercantik bangunan dan lingkungan vihara.

”Bersolek (vihara) sudah jadi rutinitas menyambut Imlek. Tidak ada persiapan khusus biasa saja. Cuma memang kita mengecat ulang dan menghias lampion saja sejak sepekan terakhir ini,” katanya.

Ilustasi. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Meskipun tak ada persiapan khusus, namun Imlek kali ini diakui cukup istimewa. Sebab bulan Februari nanti merupakan hari ulang tahun vihara yang akan digelar secara meriah.

”Persiapan justru untuk HUT bulan dua nanti. Kalau sekarang biasa saja seperti kebiasaan umum menjelang Imlek,” ujarnya.

Meskipun dipersiapkan secara sederhana, namun Atok yakin saat hari perayaan nanti akan banyak yang datang untuk bersembahyang.

Untuk itu, menyambut Imlek tahun ini pengelola vihara menyiapkan ribuan dupa dan lilin besar yang akan digunakan umat untuk bersembahyang.

Itu karena setiap tahun vihara tersebut selalu ramai saat hari raya Imlek. ”Pengunjung tidak dari Sagulung saja tapi dari berbagai wilayah di Batam,” kata Atok.(eja)