batampos.co.id – Tiga peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemko Batam langsung mengikuti tahapan selanjutnya tanpa harus menjalani tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM), Hasnah, mengatakan, ketidakikutsertaan tiga peserta ini karena mereka sudah lolos SKD formasi CPNS pada tahun 2018 lalu.

“Itu sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Permenpan RB RI) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019,” ujarnya, kemarin.

Pelamar CPNS 2019 mengikuti simulasi tes CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di kantor UPT BKN Batam, Kamis (5/12/2019) lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Mereka boleh memilih ikut tes atau tidak ikut tes SKD. Mereka bisa langsung ke tahapan selanjutnya,” imbuhnya lagi.

Jadwal SKD menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sudah dirilis, CPNS di lingkungan Pemko Batam akan mengikuti tes di Kantor UPT Kanreg XII BKN di Kantor Bersama Pemko Batam di lantai 5, Batam Center.

“SKD dilaksanakan pada tanggal 27 Januari sampai 11 Februari 2020,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dalam surat yang ia tandatangani tertanggal 15 Januari 2020.

Pemko Batam tidak menoleransi perihal keterlambatan, peserta yang terlambat pada saat dimulainya tes tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti tes dan dianggap gugur.

Juga peserta yang tidak hadir mengikuti SKD sesuai jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan, maka dinyatakan mengundurkan diri dan gugur.

“Peserta yang melanggar ketentuan/tata tertib dianggap gugur dan dinyatakan tidak lulus,” sebut Rudi.(iza)