batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sabtu (24/1/2020). Sebanyak 208 berkas lamaran diterima dan akan menjalani tahap verifikasi.

Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu, mengatakan ratusan berkas yang diterima akan dilanjutkan ke tahap seleksi administrasi hingga 27 Januari mendatang.

Pelamar paling banyak ada di Kecamatan Sekupang, yak-ni 30 orang. Selanjutnya, Sagulung 29 orang, Batam Kota 21 orang, Batuaji 21 orang, Bengkong 17 orang, Nongsa 16 orang, Seibeduk 15 orang, Batuampar 12 orang, Lubukbaja 12 orang, Galang 12 orang, dan Belakangpadang 11 orang.

Setelah tahapan seleksi administrasi selesai, pendaftar yang memenuhi syarat administrasi akan diikutkan pada tahapan tes tertulis yang rencananya dilaksanakan tanggal 30 Januari 2020.

KPU Kota Batam membutuhkan 60 anggota PPK untuk ditempatkan di 12 kecamatan. Nantinya mereka akan membantu proses Pilkada yang direncakan 23 September mendatang. “Masih panjang tahapan jelang pelaksanaan.

Sekarang kami usahakan dulu tahap ini berjalan sesuai dengan jadwal,” ujarnya.

Perekrutan anggota PPK ini juga akan melalui tahap pandangan masyarakat. Hal ini dinilai penting sebelum anggota ditetapkan 29 Februari mendatang.

Ia berharap anggota terpilih nanti benar-benar bisa mengemban tugas dengan baik. Hal ini guna memastikan tidak ada kendala bahkan keterlambatan saat penghitungan suara nantinya.

“Kami banyak evaluasi. Tujuannya agar pemilihan berjalan dengan lebih baik dari penyelenggaraan pemilu tahun -tahun sebelumnya. Kita minta dukungan dari semua pihak,” tutup William. (yui)