F. RSBP untuk Batam Pos
Perawat RS BP Batam memeriksa kesehatan bayi kembar siam Dzakiyah Thalita Sakhir, beberapa waktu lalu. Untuk pemisahan bayi kembar siam ini masih butuh banyak dana.

batampos.co.id – Banyak tahapan yang diperlukan agar bisa memisahkan bayi kembar siam bernama Dzakiyah Thalita Sakhir. Salah satu dokter spesialis bedah anak RSBP Batam yang juga anggota tim operasi pemisahan bayi kembar, Siti Iqbalwanty, mengungkapkan tekniknya kepada media pers, Jumat (24/1/2020) lalu di Gedung Marketing Centre BP Batam.

”Teknisnya mulai dari pembiusan yang dilakukan oleh tim anastesi. Selanjutnya setelah dibius, maka tim akan melakukan pembedahan dan proses pemisahan. Dimulai dari kulit, otot, pembuluh darah sampai organ dalam,” kata Siti.

Khusus untuk organ dalam, tim operasi akan meninjau terlebih dahulu apakah perlu dilakukan proses pemindahan atau perbaikan.

”Kami lihat nanti organ dalamnya antara bayi pertama dan kedua. Kalau ada yang harus dipindahkan, akan kami pindahkan.”

Setelah tahapan tersebut selesai, selanjutnya akan ditutup.

”Bisa menggunakan otot perut, tapi jika tidak, maka akan diambil dari organ lainnya. Banyaknya tahapan inilah yang membutuhkan jumlah tim medis yang banyak dan ahli di bidangnya masing-masing,” tegasnya.

Operasi Bayi kembar di Batam ini membutuhkan biaya hingga Rp 1,1 miliar. Operasi ini merupakan operasi kedua yang dilakukan di Batam.

Sebelumnya pada 2016 tim dokter berhasil memisahkan kembar siam dengan kondisi yang lebih rumit di RS Awal Bros Batam. Untuk biaya yang bisa ditanggung BPJS Kesehatan hanya Rp 11 juta dan selebihnya akan ditanggung Pemprov Kepri.

”Kami juga membuka donasi untuk membantu bayi-bayi kembar dempet di Provinsi Kepulauan Riau. Dan hal ini pastinya, tidak hanya melibatkan pemerintah daerah saja, akan tetapi juga melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya membuka rekening atas nama bayi kembar Kepulauan Riau, dalam rangka melibatkan kepedulian masyarakat.

Bayi kembar siam putri dari Nyonya Suci ini masih membutuhkan donasi untuk ope-rasinya. Bagi yang ingin menyumbangkan donasi bisa mengirimnya ke nomor rekening BRI 0331-01-006402-53-8 atas nama Kembar Siam Kepulauan Kepri. (leo)