batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam membeli delapan unit dump truck dan 58 unit bin container untuk menambah cakupan pelayanan pengangkutan sampah di tahun ini. Pengadaan dump truck ini nantinya untuk menggantikan armada yang rusak.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Batam, Rohaizat, menyebutkan untuk pengadaan delapan unit dump truck dan 58 unit bin container, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp 5,61 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan pada pengadaan sarana dan prasarana kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam.

“Dianggarkan tahun ini sebesar Rp 5,61 miliar,” kata Rohaizat, Minggu (26/1).

Ia berharap, dengan penambahan armada dan bin container ini semakin memudahkan serta memaksimalkan kinerja DLH dalam mengakut sampah di Batam.

“Sehingga ke depan, tak ada lagi alasan sampah telat diangkut karena mobil rusak atau sebagainya,” tutur Rohaizat.

Sebelumnya, Kepala Bidang Persampahan DLH Batam, Faisal Novrieco mengatakan, pihaknya akan menambah armada pengangkut sampah. Ada delapan armada yang akan dibeli tahun ini.

“Armada yang ditambah itu berupa dump truck,” kata Faisal beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, penambahan armada baru ini sesuai dengan kebutuhan pengangkutan sampah di pulau utama (mainland) Batam.

Saat ini, DLH Batam memiliki 120 unit armada pengangkutan sampah. Selain itu, juga terdapat 88 unit armada kebersihan yang ada di tiap kecamatan serta 23 becak motor.

“Memang sebagian ada yang rusak. Sehingga ada keterlambatan di beberapa titik. Karena itu, penambahan armada sangat diperlukan,” ujarnya.

Menurut Faisal, pelayanan persampahan ini merupakan salah satu prioritas. Saat ini, semua petugas berupaya tak ada keterlambatan pengangkutan. Agar tidak terjadi penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara. (rng)