batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji siagakan lima ruang isolasi untuk antisipasi terjangkitnya virus corona di kota Batam. Ruangan-ruangan tersebut dilengkapi dengan peralatan pengaman sesuai dengan standar dari Kemenkes, baik untuk suspek (pasien) ataupun petugas medis.

Ruangan isolasi ini juga dilapisi dua pintu yakni pintu kamar dan pintu kaca bagian dalam. Selain Air Conditioner, dalam ruang juga dilengkapi dengan blower untuk perputaran udara. Pasien yang memasuki ruangan ini adalah pasien yang positif atau dicurigai mengidap virus berbahaya yang bisa menular ke orang lain seperti virus Corona yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Petugas medis yang merawatnya juga mengenakan pakain pengaman khusus dari ujung kaki hingga kepala layaknya pakain astronot.

Ruang isolasi di RSUD Embung Fatimah, Batam.
foto: batampos.co.id / eusebius

Humas RSUD Novi menjelaskan, ruangan isolasi ini sudah lama ada dan disiagakan untuk penanganan pasien yang terjangkit penyakit menular seperti TB atau virus-virus berbahaya lain.

“Sebenarnya setiap saat disiagakan karena fungsi ruangan ini untuk pasien atau suspek infeksi virus ataupun penyakit menular berbahaya lainnya. Kebetulan sekarang lagi mewabah virus Corona di berbagai negara maka kita juga perlu ada antisipasi,” ujarnya, Senin (27/1/2020).

Meskipun kesiagaan ditingkatkan seiring dengan mewabahnya virus Corona, namun Novi menegaskan belum ada pasien atau suspek yang dirawat karena terjangkit virus corona ini.

“Belum ada. Cuman antisipasi saja, mana tau ada. Tapi sebaiknya jangan sampai ada. Kita berharap yang terbaik saja,” tutur Novi. (eja)