batampos.co.id – Memasuki Tahun Baru Cina (Imlek) 2571 sejak Sabtu (25/1) lalu, Vihara Viriya Pala, menggelar berbagai kegiatan untuk perayaan Imlek. Vihara di Kompleks Limindo Trade Center Blok C Nomor 1, Batam Center juga telah mengganti patung ’shio Babi’ menjadi patung ’shio Tikus’ sebagai pertanda tahun baru telah dimasuki.

Masyarakat Tionghoa juga meyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan (u fuk) seseorang juga akan ikut berubah. Tak sebatas di situ saja, pada kesempatan kali ini khusus di Vihara Viriya ini akan menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) Cai Shen Ye atau dewa Rezeki yang akan dilaksanakan pada Rabu, 29 Januari 2020 mendatang.

”HUT Dewa Rezeki, dirayakan pada hari kelima Imlek, setiap tahunnya,” kata Siha, selaku Ketua Yayasan Vihara Viriya Pala.

Disampaikan Siha, bahwa kegiatan ini adalah momen tahunan yang telah berjalan sejak 15 tahun lalu. Menurutnya, Dewa Rezeki juga selalu turun di setiap tahunnya untuk memberikan kelancaran rezeki, usaha, dan kesejahteraan bagi para jemaatnya.

”Berkaitan dengan hal tersebut banyak juga masyarakat yang senang untuk ibadah di vihara ini, agar dipermudahkan segala urusan dalam hal rezeki,” ucap Siha, Minggu (26/1).

Para jemaat yang melakukan ibadah di Vihara Viriya Pala ini pun, tidak hanya berasal dari masyarakat sekitar namun, juga banyak warga asal mancanegara seperti Singapura, dengan harapan agar seluruh usahanya bisa lancar.

”Sangat banyak para jemaat yang beribadah di vihara ini. Apalagi yang tidak pulang kampung, pasti menghabiskan waktu di Vihara ini,” ungkapnya.

Dalam perayaan ulang tahun Cai Shen Ye, akan diisi juga dengan berbagai kegiatan seperti, doorprize, pembagian ribuan angpau, hingga lelang berbagai barang yang dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam usaha.

Berbagai kegiatan ibadah akan dimulai sejak pagi, dan pada siang hari akan ada waktu tertentu untuk melakukan pembagian angpau kepada masyarakat sekitar.

”Kegiatan kita mulai sejak pagi, dan pada siang hari akan kita isi dengan pembagian ribuan angpau kepada masyarakat. Untuk pembagian angpau ada waktu siang dan malam hari,” ungkap Siha.

Nantinya akan ada pertunjukan barongsai yang akan ditampilkan, serta dihibur oleh para artis lokal.

Kegiatan tersebut akan memuncak pada malam hari, yang mana nantinya akan ada ratusan lampion merah dan ratusan lilin yang menghiasi sekitar Vihara Viriya Pala.

Di lokasi yang sama, Gek Hui atau yang lebih akrab dipanggil Ahui selaku wakil ketua yayasan Vihara Viriya Pala juga mengajak kepada masyarakat untuk beribadah di Vihara Viriya Pala dan menyaksikan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

”Berbagi kasih, rezeki dan mendoakan kesejahteraan bagi masyarakat luar agar bisa lebih baik, menjadi harap kita,” ucap Gek Hui (Ahui) selaku wakil ketua, Minggu (26/1)

”Kegiatan ini akan kita buat sebaik mungkin, dari masyarakat dan untuk Masyarakat, agar apa yang telah diharapkan bisa tercapai pada tahun ini,” pungkasnya. (rng)