batampos.co.id – Tahapan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk ditempatkan di Pemko Batam dimulai, Senin (27/1).

Hari pertama seleksi diikuti oleh peserta dari formasi Analisis Bimbingan Usaha. Untuk diketahui, SKD dari formasi tersebut diikuti oleh 294 orang sedangkan yang akan diterima menjadi CPNS hanya satu orang. Karena kuota seleksi perhari 250 orang, sisanya akan tes hari ini.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara (UPT BKN) Batam, Kepri Delpa Nopri Kasmi mengatakan, dari total 250 orang hari pertama SKD ada yang memutuskan tidak hadir. Ia mengira, ketidakhadiran peserta karena yang ikut tes cukup banyak sementara yang akan diputuskan menjadi CPNS hanya satu orang.

poop”Total yang tidak hadir (hari pertama) 51 orang, yang hadir sebanyak 199 orang. Saya kira mungkin karena pesertanya banyak, jadi malas duluan,” kata Delpa, Senin (27/1) sore.

Tetapi, ia mengaku tingkat kelulusan tahapan SKD kali ini cukup tinggi jika dibanding seleksi yang sama tahun lalu. Menurutnya, hari pertama SKD dalam tiga sesi saja sudah mencapai 60 orang, namun secara umum belum dihitung total.

”Rumus yang akan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) kan tiga kali formasi, jika formasi yang diambil hanya satu jadi dikali tiga,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk menyaring peserta yang akan ke SKB, akan diterapkan sistem rangking. Peserta yang paling tinggi nilainya yang akan ikut seleksi selanjutnya.

”Untuk yang ini berarti tiga orang tertinggi nilainya yang akan ke SKB,” ucap dia. (iza)