batampos.co.id – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji memastikan layanan pendaftaran online untuk pasien terencana masih berjalan, dan bahkan lebih disarankan jika memang ingin mendapatkan layanan medis di poliklinik rawat jalan.

“Masih, malah terus kita sosialisasikan agar pasien terencana tidak perlu antre di rumah sakit. Cukup daftar melalui smartphone dari rumah saja,” ujar Humas RSUD Batam, Novi, Senin (27/1/2020).

Layanan pendaftaran online untuk poliklinik sudah lama dibuka dan sebagian pasien sudah menggunakannya. Layanan ini hanya untuk keperluan layanan medis di poli klinik rawat jalan saja.

Proses pendaftaran tidak terlalu sulit, dimana calon pasien cukup akses situs https://rsudef.batam.go.id. Kemudian pasien bisa memilih “Pendaftaran Online”.

Para pasien mengantre di ruang tunggu RSUD Embung Fatimah. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

Bagi pasien lama, bisa langsung memasukkan nomor rekam medik di Kartu Pasien dan nomor induk kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk. Sementara pasien baru, bisa menekan tulisan biru di bagian bawah yang berbunyi “Belum terdaftar sebagai pasien?”.
Pendaftaran pasien baru cukup dengan memasukkan data berupa NIK di KTP, tempat lahir, nomor telepon, alamat email. Selanjutnya tekan tombol “VALIDASI DATA”.

Pada bagian ini pasien bisa langsung memilih poli yang dituju. Setelah itu memilih dokter dan jadwal praktik sesuai keinginan pasien.

Aplikasi daftar online juga bisa melalui Short Massage Service (SMS) biasa atau WhatsApp. Untuk mendapatkan layanan daftar online ini, pasien cukup kirim pesan melalui SMS atau WhatsApp ke nomor 08117738001 maka petugas akan membalas jadwal berobat sang calon pasien. Pendaftaran via aplikasi online ini harus dilakukan dua hari sebelum berobat. Ini bertujuan untuk memudahkan petugas mengatur jadwal berobat pasien.

Poli pelayanan medis di RSUD diantaranya; Poli THT, gigi, fisioterapi, hemodialisa, poli kulit kelamin, mata, jantung, jiwa, syaraf, poli anak, urologi, bedah syaraf, hingga akupuntur. (eja)