batampos.co.id – Bangunan Sekolah Dasar (SDN) 001 Kecamatan Subi Kecil nyaris ludes terbakar, sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (26/1/2020) malam.

Kebakaran tersebut diduga adaa unsur kesengajaan yang dilakukan pencuri. Api baru bisa dipadamkan setelah sekitar satu jam setelah masyarakat bekerja sama dengan aparat setempat menggunakan peralatan seadanya. Akibat kebakaran tersebut, pihak sekolah mengalami kerugiaan materil.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Natuna, Suherman, mengatakan, berdasarkan laporan pihak sekolah, kerusakan tidak hanya pada ba-ngunan, seluruh perlengkapan sekolah di ruang UKS ludes terbakar.

”Di ruang UKS itu ada meubelier, dokumen, kulkas, TV, 1 set speaker BMB, komputer dan timbangan,” ujar Suherman, Senin (27/1).

Suherman mengaku, penye-lidikan penyebab kebakaran di SDN 01 Pulau Subi Kecil telah diserahkan kepada pihak kepolisian setempat. Dan pemerintah mengalami kerugian cukup besar.

F. AULIA RAHMAN/BATAM POS
Polisi memasang police line di lokasi kebakaran SDN 01 Kecamatan Subi Kecil.

”UKS itu dibangun dengan anggaran sekitar Rp 390 juta, jadi total kerugian pemerintah dapat mencapai Rp 445 juta termasuk kelengkapan sekolah yang ludes terbakar,” sebut Suherman.

Sementara pasca kebakaran tersebut, pihak Polsek Subi mengamankan seorang warga inisial M, 27, warga Pemangkat yang terekam CCTv sekolah sebelum terjadi kebakaran.
Kapolsek Serasan, Iptu Rabunsyah, menjelaskan, penyelidikan dilakukan berdasarkan rekaman CCTv sekolah, yang mendapati warga masuk dalam ruang UKS sebelum terjadi kebakaran.

Dikatakannya, motif pelaku awalnya adalah ingin mencuri. Namun, setelah masuk di ruang UKS, tidak terdapat barang berharga.

Sehingga pelaku kesal dan membakar kasur, lalu api me-rembet lalu menghanguskan se isi ruangan.

”Pelaku ini sudah kami amankan, niatnya mau mencuri. Tapi hanya ketemu kasur. Jadi kasurnya dibakar karena kesal,” jelas Kapolsek. (arn)