batampos.co.id – Batam adalah salah satu kota yang paling banyak berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan bisnis di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Dengan kondisi ekonomi dan bisnis yang produktif, lowongan kerja di Batam pun terus bertambah.

Pemandangan Kota Batam. (tobasatu.com)

Namun, apa sebenarnya yang membuat pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Batam begitu subur? Berikut ini berbagai pertumbuhan penting yang dapat memupuk bisnis di Kota Batam.

1. Menjadi Sasaran Investasi Asing dan Dalam Negeri

Melansir dari Indonesia Development Forum, Batam berkembang menjadi sebuah kota investasi dan perdagangan karena letaknya yang strategis. Batam terletak di jalur pelayaran internasional, tepatnya berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Karena itu Batam menjadi sasaran investasi baik dari dalam negeri maupun dari investor asing seperti Malaysia, Singapura, Tiongkok, Jepang, India, hingga Korea Selatan. Bahkan setiap tahun nilai investasi di Batam berhasil mencapai angka triliunan. Sedangkan menurut data yang dihimpun Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di tahun 2019 sendiri ada hampir seribu proyek yang dijalankan oleh para investor di kota Batam.

Kucuran investasi dari berbagai pihak ini terus mendorong pelaku usaha di Batam untuk memupuk dan memelihara bisnisnya. Dengan bisnis yang terus berkembang, semakin banyak lapangan kerja yang tercipta bagi mereka yang sedang mencari peluang membangun karier di Batam.

2. Laju Pertumbuhan Informasi dan Komunikasi yang Positif

Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan laju pertumbuhan industri informasi dan komunikasi yang positif di Kota Batam. Pada 2018, pertumbuhan lapangan usaha bidang informasi dan komunikasi tercatat di angka 12,85 persen. Angka ini bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan lapangan usaha di bidang konstruksi, industri pengolahan, serta penyediaan akomodasi dan makanan minuman.

Laju pertumbuhan yang sehat di bidang informasi dan komunikasi menandakan kesiapan kota Batam dalam menghadapi masa depan industri digital. Karena itu, saat ini ada banyak lowongan kerja di Batam untuk berbagai posisi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

3. Indeks Pembangunan Manusia yang Tinggi

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah indikator untuk mengukur keberhasilan upaya pengembangan kualitas hidup penduduk. Semakin tinggi nilai IPM di suatu wilayah, maka kualitas hidup penduduk di wilayah tersebut semakin baik.

Nilai IPM dilihat dari empat tolok ukur utama. Tolok ukur pertama yaitu usia harapan hidup penduduk. Dua tolak ukur berikutnya dilihat dari sektor pendidikan, yaitu harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Tolak ukur keempat yaitu pendapatan per kapita penduduk.

Ternyata Kota Batam memiliki nilai IPM yang tinggi dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Seperti yang diamati oleh BPS tahun 2018, nilai IPM Kota Batam adalah 80,54. Nilai ini bahkan lebih tinggi dari IPM nasional Indonesia yaitu 71,39 di 2018 lalu.

Ini berarti dari segi kesehatan, pendidikan, dan pendapatan, rata-rata penduduk kota Batam dinilai memiliki kualitas hidup yang baik. Dengan kualitas hidup yang baik, masyarakat jadi lebih produktif dan efisien. Hal ini tentunya akan membantu menggenjot ekonomi dan bisnis di kota Batam.

Bagaimana, tertarik untuk membangun karier di kota ini? Kamu bisa mendapatkan info lowongan kerja yang terbaru dan terpercaya di Glints. Glints menyediakan ribuan peluang karier untuk kamu yang siap mengasah skill dan memaksimalkan potensi diri. Yuk, daftar sekarang dan jangan lewatkan info loker terbaru yang sesuai minat dan kebutuhanmu. (luk)