batampos.co.id – Pemulangan warga negara (WN) Tiongkok dari Batam terus berlanjut. Setelah pemberangkatan pertama sebanyak 108 orang, Senin (27/1) malam lalu, pada Selasa (28/1) petang, 127 orang lainnya diterbangkan langsung dari Bandara Hang Nadim ke Xi’an, Tiongkok. Pemulangan ini terkait mewabahnya virus corona di negara asal mereka.

”Benar, malam ini (tadi malam) pukul 18.15 WIB, ada 127 orang yang dipulangkan, namun bisa bertambah karena banyak yang minta dimajukan,” ujar Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Selasa (28/1).

Suwarso mengatakan, proses pemulangan para turis asal Tiongkok ini akan terus berlanjut hingga hari ini, Rabu (29/1). Rencananya, hari ini akan dipulangkan 105 turis Tiongkok ke negaranya. ”Ada yang ke Shenzen dan juga Xi’an,” ucapnya.
Setelah itu, kata Suwarso, tidak ada lagi pemulangan turis Tiongkok. ”Dari data travel, hanya tiga pemulangan saja,” ungkapnya.

Mengenai rute carter dari Shenzen dan Xi’an, menurut Suwarso, dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Dia sudah mendapat surat pemberitahuan dari pihak agan perjalanan terkait pemberhentian penerbangan langsung tersebut.

Suwarso menegaskan, kendati penerbangan langsung ke Tiongkok dihentikan, pengetatan pemeriksaan penumpang menggunakan thermal scanner tidak kendor.

”Tetap dilakukan pemeriksaan. Kewaspadaan tetap ditingkatkan,” katanya. (ska)