batampos.co.id – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tahun 2020 akan digelar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada 22 Agustus 2020. Kemarin (4/2), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bertemu dengan Menteri Agama Fachrul Razi di gedung Kemenag.

“Alhamdulillah, kami sudah tetapkan tanggal 22 Agustus, kita buka dan mudah-mudahan bapak Presiden RI berkenan hadir untuk penutupan tanggal 28,” kata Irwan.

Irwan mengungkapkan, pihaknya telah melaporkan kesiapan venue-venue, hotel, sampai ke teknis seperti rumah sakit, tempat wisatawan dan sebagainya termasuk teknis pembukaan dan penutupan acara.

Irwan mengungkapkan, dari beberapa arahan dari Menag, pelaksanaan MTQ akan menambah berbagai kegiatan yang menunjukkan dan memperkuat keberagaman.  adanya kemajemukan masyarat.

”Kami akan hadirkan beberapa etnik lain dan kelompok-kelompok di luar Islam. Yang Bisa ikut aktif berpartisipasi baik di pembukaan, penutupan, maupun kegiatan lainnya. Sehingga menjadi suatu wujud acara MTQ yang bernuansa NKRI,” jelas Irwan.

Irwan mengungkapkan, sebenarnya hal ini bukanlah konsep baru. Hal ini sudah pernah dilakukan di beberapa tempat sebelumnya.
Sejauh ini Irwan juga belum bisa menentukan perlombaan apa saja yang akan digelar karena panitian tidak berhak menentukan. Jenis-jenis perlombaan sudah ditetapkan pada munas tingkat nasional.

“Cuma kita sebagai tuan rumah, kehadiran mereka kita layani dengan baik dan siapkan kebutuhan termasuk tempat-tempat, kemudian kreasi kita di pembukaan penutupan, termasuk beberapa pertemuan dengan beberapa tokoh akan kita susun,” kata Irwan.

MTQ 2020 akan melibatkan 1.500 peserta, 168 juri, dan 23 jenis lomba. Pemprov sumbar sendiri juga sudah menyiapkan hiburan dan berbagai jenis pelayanan wisata halal selama pelaksanaan. (tau)