Jumat, 10 Januari 2025

Terobosan BTN untuk para Milenial

Berita Terkait

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memoles layanan mobile banking untuk mempermudah nasabah milenial. Hal tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan layanan transaksional perseroan dan meningkatkan perolehan dana murah.

Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury mengatakan inovasi tersebut dilakukan agar BTN tidak hanya menjadi bank yang berfokus pada sektor perumahan, tapi juga mengakselerasi fungsi perseroan sebagai bank tabungan.

Pahala menyebutkan dengan inovasi ini, perseroan akan membidik akan ada 2,7 juta pengguna mobile banking Bank BTN pada 2020.

“Pengembangan mobile banking apps ini menjadi batu loncatan bagi kami untuk mengembangkan super apps dengan berbagai fitur yang akan menjawab kebutuhan nasabah modern Bank BTN,” ujarnya di kantornya, Jumat (7/2/2020).

Pahala menuturkan, layanan aplikasi yang tengah dibangun perseroan akan terdapat berbagai fitur. Di antaranya fitur Online Onboarding yakni pembukaan rekening secara online dari handphone. Selain itu, juga akan ada fitur pembukaan e-deposito, tarik tunai tanpa kartu, dan berbagai fitur lain yang akan mengikuti tren industri.

Konferensi pers BTN soal pemutakhiran layanan mobile banking untuk mempermudah anak muda. (Romys Bhinekasri/JawaPos.com)

“Perseroan menawarkan berbagai fitur dalam aplikasi di smartphone tersebut. Di antaranya yakni informasi saldo, transfer antar rekening Bank BTN dan bank lain, pembayaran beragam tagihan, pembelian pulsa hingga top up uang elektronik, serta poin Serbu BTN,” tuturnya.

Dari pengguna tersebut, jumlah dan nilai transaksi menggunakan mobile banking Bank BTN mencapai 55,3 juta transaksi dengan nilai Rp 9,11 triliun per Desember 2019. Posisi jumlah dan nilai transaksi tersebut naik masing-masing sebesar 41,43 persen dan 36 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari 39,1 juta transaksi dan Rp 6,7 triliun pada Desember 2018.

Dengan capaian tersebut, Bank BTN mencatatkan perolehan fee based income (FBI) senilai Rp 42,51 miliar pada Desember 2019 atau naik 27,65 persen yoy. Dengan target pengguna baru pada 2020, Pahala menuturkan pihaknya membidik posisi FBI tersebut naik sekitar 33 persen.

“Kami optimistis pengembangan ini akan mempermudah nasabah menggunakan mobile banking Bank BTN sehingga meningkatkan perolehan FBI kami,” ucapnya.

Sementara itu, lanjutnya, selain mengembangkan layanan transaksional perseroan, Bank BTN juga menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) terkait penggunaan Electronic Data Capture (EDC). Terkait kemitraan ini, Bank BTN menggadeng PT Duta Paramindo Sejahtera Developer Green Pramuka City, PT ISPI Pratamalestari Perkasa Developer ISPI, Panties Pizza Indonesia Merchant Makanan Panties Pizza, serta Notaris dan PPAT Umi Chamidah.

“Kami berharap dengan berbagai inisiatif inovasi ini akan mampu membuat nasabah Bank BTN kian nyaman bertransaksi menggunakan produk dan layanan kami,” tutupnya. (*)

Update