batampos.co.id – Penipuan berkedok menjanjikan lowongan kerja kembali marak di Batam. Kali ini, sasarannya adalah para pencari kerja (pencaker) yang biasa memadati kawasan Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Mukakuning.

Para penipu tersebut meng-iming-imingi pencaker kemudahan masuk kerja. Mereka meminta uang jutaan rupiah kepada calon korbannya dengan iming-iming bisa diterima bekerja di suatu perusahaan.

”Minta uang Rp 4 juta, bapak itu bilang bebas memilih PT (perusahaan, red). Katanya dia orang dalam,” ujar seorang pencaker, Risda (bukan nama sebenarnya), Kamis (6/2).

Aksi penipu tersebut, tutur Risda, terjadi pada pekan lalu sehabis dirinya menunaikan salat Zuhur di Masjid Nurul Islam (Nuris) yang tidak jauh dari MPH Batamindo. Pria tersebut, kata dia, bahkan mengaku seorang dosen yang mengabdi di salah satu perguruan tinggi swasta di Batam.

”Waktu kami ngobrol, dia bilang membantu hanya tes di perusahaan saja, kalau tak lolos medical check up, dia tak tanggung jawab, uang tak kembali. Aku enggak maulah, mending usaha sendiri,” kata Risda.

Dalam melaksanakan aksinya, penipu tersebut selalu membawa ransel besar yang juga buku berisi catatan daftar nama orang yang konon telah dibantu dan berhasil bekerja.

”Masalahnya, dia katanya tak mau ketemu di rumahnya atau di kampusnya mengajar. Mana bisa dipercaya kalau begitu,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti, mengimbau pencaker tidak mudah diimingi-imingi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Menurut dia, perusahaan telah menyiapkan informasi khusus yakni di MPH Batamindo.

”Yang penting percaya kemampuan diri, jangan mudah diiming-imingi calo,” ujar Rudi. (iza)