batampos.co.id – Sebanyak tiga pasangan bakal calon (bacalon) kepala daerah perseorangan atau independen bakal meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Batam.

Ketiganya masih berupaya memenuhi syarat minimal dukungan calon independen agar lolos sebagai peserta di Pilkada Kota Batam 2020.

Komisioner KPU Batam, William Seipattaru, mengatakan, sampai hari ini tercatat ada tiga pasangan maju ke Pilwako Kota Batam me-lalui jalur independen. Mereka adalah

  • Rian Ernest dan Yusniani Gurusinga,
  • Sukarno dan Bambang,
  • Zukriannsyah dan Anita Eka Diana.

Willi mengatakan, bakal calon perorangan wajib menyertakan dukungan ke KPU Kota Batam paling lama 23 Februari 2020.

Total minimal dukungan masyarakat yang mereka kumpulkan ialah 48.816 Kartu Tanda Penduduk.

”Bentuknya berupa formulir B1 KWK perseorangan yang ditempel e-KTP pendukung dan tanda tangan basah pendukung,” kata Willi.

Selanjutnya setelah input data, pada 19-23 Februari seluruh calon yang pernah memberikan mandat wajib menyerahkan dukungan masyarakat ke kantor KPU.

Dimana, jadwalnya yaitu pada tanggal 19-22 Februari 2020 mulai 08.00-16.00 WIB dan pada tanggal 23 Februari dimulai pukul 08.00-24.00 WIB.

Jika penyerahan dukungan mencapai jumlah minimal maka KPU kemudian melakukan verifikasi administrasi.

“Kalau tidak tercukupi malah tidak bisa dilanjutkan,” katanya.

Kedatangan satu balon perseorangan tadi bersama dengan tim pendukungnya, pada kesempatan tersebut surat mandat langsung diberikan dan ditandatangani di atas materai. (rng)