Sabtu, 20 April 2024

Mau Ditertibkan, Bangunan Liar di Simpang Barelang Berubah Fungsi

Berita Terkait

batampos.co.id – Bangunan liar yang berada di Simpang Barelang berubah fungsi setelah didatangi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam.

Satu bangunan liar yang awalnya berfungsi sebagai warung, disulap menjadi markas salah satu organisasi kemasyarakatan (Ormas).

Tidak diketahui secara pasti motif merubah bentuk bangunan tersebut. Sebelumnya bangunan tersebut merupakan warung makan.

Bangunan salah satu ormas ini muncul saat Satpol PP kota Batam menyampaikan rencana penertiban.

“Tak tahu maksudnya apa, tapi itu dulunya warung sekarang jadi markas ormas,” ujar Indra warga Tembesi, Minggu (9/2/2020).

Selain di Simpang Barelang, bangunan berlambang ormas tertentu juga terlihat di simpang Tahu Sumedang, Sagulung. Persimpangan ini juga masuk daftar penertiban untuk pengerjaan jalan.

Sekretaris Satpol PP kota Batam, Fridkalter, tidak mempermasalahkan perubahan fungsi bangunan liar tersebut. Karena lanjutnya, saat penertiban tiba, maka akan tetap ditertibkan.

“Sekarang masih tahap sosialisasi jadi tak masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pendataan Satpol PP Batam, Anual Riyadi, sebelumnya menyebutkan, di Sagulung ada tiga persimpangan yang akan ditertibkan demi kelancaran rencana pelebaran jalan.

Di antaranya yakni; simpang Barelang, simpang Tahu Sumedang dan simpang Fanindo. Rencana penertiban fokus pada sisi masuk persimpang dari arah Mukakuning.

Sebab pola pelebaran jalan yang direncanakan seperti simpang Frengki, Batamcenter.

“Bagian sisi jalan yang menjadi alur masuk kendaraan dari arah Mukakuning. Semua bangunan liar di row jalan yang mau dilebarkan akan ditertibakan. Ada tiga titik,” ujar Anual.

Khusus untuk simpang Barelang penertiban akan dilakukan di sepanjang radius 50 meter dari aspal jalan.

Sementara dua persimpang lainnya disesuaikan dengan kebutuhan pelebaran nantinya.

“Semua akan didata sehingga saat pelebaran dimulai semua persimpangan itu harus bebas dari bangunan apapun,” ujarnya.(eja)

Update