batampos.co.id – Satlantas Polresta Barelang mengeluarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan beruntun yang melibatkan empat mobil dan dua sepeda motor terjadi di Jalan Sudirman atau tepatnya di depan Mapolresta Barelang pada Selasa (11/2/2020).

Semula diduga disebabkan pengendara Toyota Fortuner. Pengendara Fortuner diduga mengerem mendadak, sehingga lima kendaraan di belakangnya terlibat kecelakaan.

Kanit Laka Satlantas Polresta Barelang, Iptu Fredyando, mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan pengendara Toyota Fortuner tersebut.

“Pengendara itu berhenti karena masalah tertentu, dan bukan menabrak orang,” katanya.

Dia menegaskan, pengendara tersebut tidak diberikan sanksi maupun diamankan. Sebab, dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pe­ngen­dara Toyota Fortuner tersebut tidak terbukti bersalah.

Korban kecelakaan beruntun di depan Mapolresta Barelang. Foto: Yofi/batampos.co.id

“Kecelakaan ini juga terjadi akibat kelalaian pengendara lainnya,” tegasnya.

Menurut Fredyando, seharusnya pengendara yang berada di belakang mobil Fortuner menjaga jarak, dan harus konsentrasi dalam menggunakan kendaraan di jalan raya.

”Yang menabrak mobil Fortuner tersebut yang harus menjaga jarak. Mereka (pengendara di belakang) ngebut-ngebut saja karena jalan bagus,” katanya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan di jalan. Kemudian mematuhi peraturan dan rambu di jalan.

“Saya imbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat, jagalah jarak saat di jalan raya,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan beruntun yang melibatkan empat mobil dan dua sepeda motor terjadi di di depan Mapolresta Barelang, Selasa (11/2/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kecelakaan ini terjadi diduga akibat salah seorang pengendara mobil menginjak rem secara mendadak.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, lima kendaraan mengalami kerusakan. Di antaranya Kijang Innova BP 1929 GI, Toyota Avanza B 1294 PIU, dan Daihatsu Gran Max.

Kemudian, dua sepeda motor, yakni Honda Beat BP 5537 OC, dan Suzuki Thunder BP 5067 DI.(opi)