Kamis, 28 Maret 2024

Januari-Februari Bisnis Maskapai Penerbangan Turun 3,2%

Berita Terkait

batampos.co.id – Adanya wabah virus korona jenis baru membuat sektor industri penerbangan mengalami penurunan.

Sebab, terdapat penghentian sementara serta pengetatan penerbangan untuk mengantisipasi masuknya virus tersebut dari Tiongkok.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Awaluddin mengatakan, jika dihitung dari Januari ke Februari 2020, penerbangan menurun di kisaran 3 persen.

“Kalo MoM (Month on Month) negatif 3,2 persen, itu karena virus korona ini,” ujar dia di Kantor Kemenparekraf, Rabu (12/2) malam.

Namun, jika secara tahun per tahun (year on year), aktivitas penerbangan malah tumbuh sebesar 5,6 persen. Angka itu didominasi penerbangan didominasi oleh wisatawan dalam negeri.

“Kalau YoY, 1 Januari sampai 10 Februari 2019, compare (bandingkan) 1 Januari sampai 10 Februari 2020 tumbuh 5,6 persen, kenapa tumbuh 5,6 persen karena domestik besar. Tumbuh dari agregat semua seluruh Indonesia,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan langkah tegas dengan menghentikan seluruh penerbangan dari dan menuju Tiongkok. Kebijakan ini berlaku pada Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB. Hal itu dilakukan menyusul status darurat yang dikeluarkan World Health Organization (WHO) atas virus korona.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

“Penundaan sementara ini ditujukan untuk melindungi masyarakat dari risiko tertular mengingat salah satu yang menjadi potensi masuknya penyebaran virus adalah akses transportasi udara yang erat kaitannya dengan keluar masuknya penumpang internasional,” tegas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Minggu (2/2/2020).

Namun, untuk mengantisipasi itu, Pemerintah pun juga telah menyiapkan beberapa opsi dengan memberikan insentif penerbangan. Sebab, saat ini para maskapai tengah mengalami kondisi yang tidak baik.

Ia menambahkan bahwa pihaknya memiliki dua opsi, yakni operation incentive dan marketing incentive. Operation incentive merupakan insentif yang berdampak langsung ke operasi maskapai.

“Mereka kan harus bayar landing fee, bayar parking fee. Kita bisa kasih diskon, kita bisa bikin variable pricing, mungkin kalo landing malam bisa kita berikan free karena malam sepi,” terangnya.

Sedangkan untuk marketing insentif, Awaluddin mengatakan, bisa dengan membuka rute-rute baru atau menambah frekuensi penerbangan. Opsi ini bisa bersifat sementara dan harus ada kesepakatan bersama dengan pihak maskapai.

“Bisa bikin rute baru, kita juga bisa bikin karena sistem event. Itu bisa karena slot kosong kan, kan slot idle (kosong) karena Tiongkok sementara ditutup,” tutupnya. (*)

Update