Kamis, 25 April 2024

Ini 5 Destinasi Unggulan yang akan Dieksplorasi Peserta Tour de Bintan 2020

Berita Terkait

batampos.co.id – Event sport tourism Tour de Bintan 2020 akan digelar 27-29 Maret 2020 mendatang. Peserta akan diajak mengeksplorasi 5 destinasi unggulan, yaitu Kawasan Wisata Lagoi, Pantai Trikora, Pantai Sakera, Gurun Pasir Bintan, dan Gunung Bintan.

Tahun ini, Tour de Bintan memasuki edisi ke-10 dan akan menggelar lomba di 5 nomor berbeda. Ada Individual Time Trial sepanjang 175 Km di Plaza Lagoi, Bintan, Jumat (27/3). Sehari berikutnya, Gran Fondo Classic 146 Km dan Gran Fondo Challenge 85 Km digelar di Simpang Lagoi, Bintan. Hari terakhir menyajikan Gran Fondo Century 108 Km dan Gran Fondo Discovery 55 Km di Bintan Lagoon Resort.

“Tour de Bintan 2020 tetap menyajikan yang terbaik untuk peserta. Mereka nantinya akan melintasi beragam destinasi yang ada di Bintan. Dijamin balapan makin menarik. Sebab, mereka akan disuguhi view eksotis khas Bintan disepanjang track,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar, Rabu (12/2).

Destinasi pertama yang dijamin menarik perhatian adalah Kawasan Wisata Lagoi. Kawasan ini memiliki banyak spot wisata. Ada pantai Lagoi Bay yang dilengkapi destinasi belanja. Kemudian Treasure Bay yang menjadi kolam renang terbesar di ASEAN, lalu Latern Park yang memiliki lampu warna warna dengan beragam bentuk. Kawasan Lagoi juga punya Yeah Lounge dan Foodstagram yang menyediakan beragam kuliner.

“Ada banyak aktivitas yang dinikmati peserta Tour de Bintan 2020 dan wisatawan lainnya di sini. Destinasi ini menawarkan banyak spot yang nyaman untuk bersantai dan melepas penat, khususnya di malam hari,” lanjut Buralimar.

Destinasi lain yang bisa dinikmati adalah Pantai Trikora yang memiliki garis pantai sepanjang 21 Km dan terbagi dalam tiga zona. Kawasan ini memiliki hamparan batu granit raksasa. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah snorkling, menyelam, dan permainan air, seperti banana boat, kano, dan lainnya.

Peserta juga bisa mengunjungi Pantai Sakera di Tanjung Uban, Bintan Utara, Bintan. Kawasan ini memiliki bentangan pasir putih yang landai plus rindangnya beragam pepohonan. Wisatawan bisa berenang dan snorkling. Spot ini menjadi khas karena ada aktivitas bekarang saat air surut. Yaitu mencari siput, gonggong, juga teripang.

“Track balapan Tour de Bintang 2020 memang sangat menarik. Destinasi yang dilalui itu populer dan terkenal dengan keindahannya. Di sana juga memiliki beragam kuliner khas Bintan dan Kepulauan Riau. Pokoknya Tour de Bintan jadi paket wisata lengkap dengan beragam experience,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudy Iskandar.

Tidak hanya wisata pantai, Bintan juga memiliki Gurun Pasir layaknya di Timur Tengah. Sejauh mata memandang terhampar pasir putih bergunung-gunung lengkap dengan ‘oasenya’. Oase ini berupa telaga dengan air yang berwarna biru. Area bekas tambang ini pun menjadi rujukan wisman Asia dan Eropa.

Bintan pun memiliki puncak tertinggi, Gunung Bintan. Kawasan ini kaya dengan flora dan fauna. Pada salah satu sudutnya ada air terjun. Destinasi ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati durian. Pada saat panen, di sini juga digelar event berupa ‘Bintan Mountain Tracking and Durian Party’.

“Tour de Bintan 2020 akan memanjakan pesertanya karena melintasi banyak destinasi unggulan di sana. Komposisinya lengkap mulai dari pantai hingga pegunungan. Selain alam, peserta juga bisa menikmati warna budayanya. Semuanya masih otentik,” tegas Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelengggara Kegiatan (Event) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Rizki Handayani.

Selain 5 destinasi unggulan itu, Bintan masih memiliki banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Ada Pulau Beralas Pasir, Pantai Senggiling, juga Kapal MV Doulos Phos. Spot lainnya adalah Bukit Panglong, Rumah Arang, dan lainnya.

Rizki menambahkan, para peserta balapan dan wisatawan lainnya harus tinggal lebih lama di Bintan.

“Ada banyak sekali objek yang bisa dieksplorasi di Bintan. Jadi, idealnya mereka tinggal lebih lama di Bintan. Dengan begitu, beragam spot eksotis yang ditawarkan bisa dinikmati lebih maksimal. Yang jelas, kami rekomendasikan Tour de Bintan 2020 dengan beragam sisi lain eksotisnya sebagai spot berlibur,” tutup Rizki.(uma)

Update