Jumat, 29 Maret 2024

Masa Karantina Selesai, Presiden Pastikan WNI di Natuna Sehat

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa 285 orang yang telah menjalani observasi selepas evakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, dalam kondisi sehat. Mereka akan dipulangkan ke rumah masing-masing dan kembali berkumpul bersama keluarga.

Menurut Presiden Jokowi, mereka telah menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna yang mana hal tersebut sesuai dengan protokol kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Itu proses protokol kesehatan dari WHO yang kita ikuti secara ketat. Karantina di Natuna juga ketat diawasi, dicek harian. Sekarang sudah 14 hari, memang protokolnya seperti itu,” ujar Presiden dalam keterangannya di Kabupaten Magelang, Jumat (14/2).

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini juga sekaligus menepis kekhawatiran mengenai kondisi mereka selepas kembali ke tengah keluarga dan masyarakat.

“Jadi kalau sekarang mereka kembali ke masyarakat ya itu dipastikan bahwa prosedur sudah dilalui dan kembali,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebanyak 285 orang akan segera dipulangkan dari Natuna selepas observasi tersebut. Mereka terdiri atas 237 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami dari WNI), lima anggota tim pendahulu KBRI Beijing, dan 42 orang dari tim penjemput termasuk kru pesawat dan petugas kesehatan.‎(jpg)

Update