batampos.co.id – WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China dinyatakan selesai menjalani masa observasi di hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepri. Mereka dibolehkan pulang setelah  dinyatakan sehat dan tidak terpapar wabah virus corona.

Senyum sumringah dan haru mewarnai pelepasan WNI termasuk kru Batik Air dan tim pendukung dari kementerian kesehatan dan TNI saat menerima surat keterangan sehat dari kementerian kesehatan.

Menteri kesehatan dr. Terawan Agus Putranto mengatakan, surat ketarangan sehat setelah menjalani observasi dan dapat dinyatakan sehat secara teori dari WHO. Jika sudah 2 minggu di observasi tidak terdapat gejala terbebas dari virus Corona.

foto: batampos.co.id / aulia rahman

Penyerahan surat keterangan sehat diwarnai sorak kegirangan dan haru ratusan WNI yang dikarantina, yang disaksikan Menko PMK, BNPB, Bupati dan wakil Bupati Natuna dan jajaran tim gabungan TNI.

“Alhamdulilah, 243 semua yang dikarantina, tidak satupun terpapar virus corona. Kalian semua mendapat anugerah kesehatan yang harus disukuri,” kata Terawan.

Pemulangan WNI ini ikut diantar ratusan warga sekitar kawasan karantina baik dari warga Penagi dan Pering. WNI dipulangkan menunggunakan tiga pesawat TNI langsung menuju bandara halim.(arn)