Kamis, 25 April 2024

SMA Mondial dan SMAN 1 Tanjungpinang ke Semifinal

Berita Terkait

batampos.co.id -Tim basket putra SMA Mondial berhasil memastikan
diri melaju ke semifinal Batam Pos Honda HSBL 2020.

Di pertandingan perempat final, Jumat (14/2/2020), tim asuhan Pardo itu sukses melumat SMA Negeri 3 Batam dengan skor 55-31.

Penampilan tim basket SMA Mondial di turnamen juga mengesankan. Hingga pertandingan perempat final, perolehan poin yang didapat anak-anak SMA
Mondial juga sangat luar biasa.

Mereka berhasil mengumpulkan 185 poin dari tiga laga yang dimainkan. SMA Mondial hanya kalah satu kali dari juara grup pool C, SMAN 1 Tanjungpinang.

Pada pertandingan perempat final kemarin, pemain nomor punggung 24, Figo Brandon, yang juga kapten SMA Mondial menjadi pemain yang paling bersinar dan banyak memberikan pengaruh besar terhadap performa timnya di lapangan.

Berulang kali lesakan tembakan jarak jauhnya sukses menambah poin tiga angka. Tim basket SMA Mondial sejak awal sudah mendominasi.

Pada kuarter pertama, mereka sudah unggul 16-10. Namun memasuki kuarter kedua, SMAN 3 mengubah permainan dengan menempatkan sejumlah pemain utama mereka.

Pemain tim basket putra SMK Yehonala Batam menggiring bola melewati pertahanan SMAN 1 Tanjungpinang pada pertandingan lanjutan Batam Pos HSBL 2020, di lapangan basket Sekolah Yos Sudarso, Jumat (14/2). Foto; Cecep Mulyana/batampos.co.id

Strategi ini terbukti berhasil, sehingga jarak poin kedua tim menjadi tipis. Kendati demikian, SMA Mondial masih unggul dengan poin 25 dan SMAN 3 23 pada penutupan kuarter kedua.

Memasuki kuater ketiga, stamina dan kesiapan tim terlihat. Tapi anak-anak SMA Mondial masih mampu tampil mendominasi.

Beberapa kali lemparan tiga angka mereka berhasil masuk dan semakin memperjauh selisih poin mereka.

Di kuarter keempat kondisi tak jauh berubah, Mondial terus menyerang pertahanan
lawannya. SMAN 3 hanya sesekali keluar dari gempuran Mondial dan hanya sedikit
poin saja yang bisa mereka hasilkan.

Pertandingan pun ditutup dengan kemenangan SMA Mondial 55-31. Di pertandingan lainnya, SMAN 1 Tanjungpinang juga memastikan maju ke babak semifinal usai mengandaskan perlawanan SMK Yehonala.

Anak-anak dari Tanjungpinang itu sukses menaklukkan SMK Yehonala dengan skor 53-23.
Pada pertandingan kedua perempat final itu, anak asuh Yenita mampu mendominasi sejak menit awal.

Poin pertama dibuka dari lesatan tembakan tiga angka sang kapten mereka, Fernando.
Skor pun 3-0 untuk SMAN 1 Tanjungpinang.

Yehonala berusaha membalas lewat serangan cepat. Mereka memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2. Tak cukup waktu lama, SMAN 1 Tanjungpinang kembali unggul lewat tembakan tiga poin.

Lagi-lagi lewat kapten mereka Fernando yang memang sengaja dipersiapkan untuk itu. Hingga kuarter pertama selesai, skor 16-8 untuk keunggulan SMAN 1 Tanjungpinang.

Masuk di kuarter kedua permainan menjadi lebih berimbang. Namun sayang, SMK Yehonala belum mampu memaksimalkan peluang mereka.

Berulang kali bola yang seharusnya menjadi poin gagal dimaksimalkan. Berbanding terbalik dengan SMAN 1 Tanjungpinang yang bisa memaksimalkan bola jauh
menjadi poin.

Di kuarter ketiga, kondisi tak jauh berubah. Poin kedua tim pun semakin jauh. Yehonala tak mampu keluar dari gempuran anak-anak SMAN 1 Tanjungpinang.

Hingga kuarter keempat, skor akhir pun untuk kemenangan SMAN 1 Tanjungpinang.
Dalam pertandingan ini Fernando menjadi pemain terbaik.

Kapten SMA 1 Tanjungpinang itu mencatat poin terbanyak. Total sedikitnya ada 20 poin yang ia catatkan dalam pertandingan ini.

Menariknya pada pertandingan kali ini, kedua pelatih adalah perempuan. Sully
melatih SMK Yehonala dan Yenita, wanita asal Sumatera Barat itu, merupakan pelatih SMAN 1 Tanjungpinang.

Yenita mengaku puas dengan hasil yang dipersembahkan anak-anak asuhnya. Menurut-
nya, kemenangan ini tak lepas dari semangat juang anak-anak asuhnya.

“Tadi jam 1 kita dari Tanjungpinang, langsung ke Batam. Alhamdulilah, kami sangat puas dengan hasil hari ini (kemarin, red),” kata Yenita.

“Jauh-jauh dari Tanjungpinang target kita juara dalam kejuaraan ini,” tambahnya.(eja)

Update