Jumat, 29 Maret 2024

8 Ribu Sertifikat Tanah Akan Dibagikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Tahun ini Kantor Badan Pertanahan Batam mulai proses penerbitan delapan ribu sertifikat tanah.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini merupakan program penerbitan sertifikat yang dibiayai pemerintah untuk masyarakat.

Kepala Kantah Batam, Memby Untung Pratama, mengatakan Batam menjadi salah satu kota yang masih belum 100 persen pendaftaran tanahnya.

Untuk itu, melalui PTSL yan setiap tahun digelar seluruh tanah diharapkan bisa terdaftar dalam waktu dekat ini.

”Alhamdulillah, tahun ini masih berlanjut PTSL. Antusias warga sangat tinggi. Hal ini terbukti dari sosialisasi yang kami laksanakan. Warga selalu ramai untuk hadir,” kata dia, Sabtu (16/2/2020).

Ia menyebutkan proses penerbitan sudah berjalan. Pihaknya bersama staf sudah mendatangi warga untuk menggelar sosialisasi mengenai program ini.

Ilustrasi

Beberapa kelurahan yang akan mendapatkan PTSL tahun ini.
Di antaranya Bengkong Laut, Bengkong Dalam, Tanjungpiayu, dan lainnya.

”Masih melanjutkan wilayah yang belum tersentuh pastinya. Jadi, tim turun langsung ke lapangan menemui warga,” jelasnya.

PTSL ini salah satu cara BPN untuk mencapai peta lengkap Kota Batam yang tengah dipersiapkan saat ini.

Nantinya seluruh tanah yang ada akan terdaftar dan tercatat lengkap di sistem BPN Batam.

”Ini nanti akan sangat membantu dalam pembangunan Batam ke depan. Kami ada target. Mudah-mudahan terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penanganan Masalah dan  Pengendalian Pertanahan, Kantah Batam, Lita Noisen Ujung, mengatakan, program PTSL akan dimulai Senin (18/2/2020)
besok.

Tim akan turun langsung dan melakukan pengumpulan berkas dari warga.

Warga yang ingin masuk dalam PTSL tahun ini harus melengkapi persyaratan seperti bukti kepemilikan tanah, identitas diri, dan ketentuan lainnya.

Tim akan turun untuk mengecek lokasi dan melakukan pengukuran tanah milik warga.

“Ada delapan ribu bidang tahun ini. Kami berharap sesuai target, sertifikat diterbitkan tahun ini. Tetapi saya tegaskanlagi, persyaratan harus lengkap,” sebutnya.(yui)

Update