Jumat, 29 Maret 2024

Ibu Muda Singapura Buang Bayi di Tempat Sampah

Berita Terkait

SINGAPURA geger. Seorang bayi laki-laki yang baru lahir ditemukan di tempat pembuangan sampah di bagian utara Bedok. Tak menunggu waktu lama, polisi pun lang-sung menangkap perempuan berusia 26 tahun dan langsung membawanya ke persidangan.

Kepolisian Bedok mengungkapkan, mereka menangkap ibu muda tersebut setelah melihat kamera pengintai (CCTv).

”Kejadiannya bulan lalu. Dia meletakkan anaknya di tempat sampah lalu meninggalkannya di sana,” ungkap Komandan Divisi Kepolisian Bedok, AKP Julius Lim dalam persidangan,seperti dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (15/2/2020).

F. Cindy Co/cna
TIM polisi Singapura saat mengolah tempat kejadian penemuan bayi yang dibuang di tempat sampah di kawasan utara Bedok.

Beruntung, bayi itu ditemukan hidup di dalam saluran sampah di Blok 534 Bedok North Street 3 sekitar pukul 09.10 pagi, pada (7/1) lalu. Penemuan itu dilaporkan beberapa petugas kebersihan yang hendak mengangkut sampah. Mereka melihat bayi itu terbungkus plastik kresek, dan masih ternoda darah.

”Sekarang, bayi dalam kondisi stabil dan sehat,” ujar polisi.

Petugas dari Divisi Kepolisian Bedok langsung mengidentifikasi seorang wanita lewat CCTv. Perempuan tersebut ditangkap Kamis (13/2) lalu. Pihak berwenang sedang memeriksa identitas ayah anak itu.

Jaksa mengajukan permohonan agar wanita itu dikirim ke Institut Kesehatan Mental (IMH) untuk observasi kejiwaan.

Kepada perempuan tersebut, Hakim Distrik Tan Jen Tse mengatakan, ”setelah melakukan pelanggaran, Anda kembali tidur seolah-olah tidak ada yang terjadi. Itulah yang dikatakan petugas investigasi. Apa benar begitu,” tanya hakim.

Dalam persidangan perdana itu, ibu muda tersebut mengaku sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Kini dia dipenjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, sekaligus untuk observasi kejiwaan sampai kembali disidangkan pada 28 Februari mendatang. (cha)

Update