Sabtu, 20 April 2024

Sore Ini Final HSBL di Hi-Test Arena

Berita Terkait

batampos.co.id – Kompetisi bola basket antarpelajar SMA/SMK se-Kepri, Honda Student Basket Ball League (HSBL) 2020, memasuki semi final. Tim Basket SMA Mondial berhasil melaju ke final, baik tim putra maupun putri.

Tim putra akan bentrok dengan SMA Maitreyawira, sedangkan tim putri akan bentrok dengan SMA Mahabodhi Karimun.

Keberhasilan tim basket putra SMA Mondial melaju ke final tak terlepas dari hasil apik pada partai semiminal melawan SMA Yos Sudarso di Hi-Test Arena, Batam Centre, Sabtu (15/2/2020).

Pada kuarter pertama, pertandingan berlangsung sengit. Pemain dari kedua belah tim silih berganti mencetak skor. Hasilnya 8-13 untuk keunggulan SMA Yos Sudarso.

Memasuki kuarter kedua, kedua tim mencoba memanfaatkan strategi terbaiknya. Namun, tim SMA Yos Sudarso pun semakin jauh mening-galkan lawannya dengan selisih 7 angka pada kuarter kedua yang berakhiri 10-17.

Pada kuarter ketiga, SMA Mondial mencoba keluar dari tekanan. Upaya dari tembakan tiga angka belum bisa mengejar ketertinggalan. Sementara tim lawan dengan dukungan puluhan suporter masih mendominasi jalannya pertandingan dengan skor 14-20.

Pemain basket putri SMA Mahabodhi Karimun berusaha menjaringkan bola ke jaring lawan, SMA Yos Sudarso, pada pertandingan semifinal HSBL di Hi-Test Arena, Batam Center, Sabtu (15/2/2020).
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Di kuarter terakhir, SMA Mondial mencoba mengejar ketertinggalan 6 poin. Setelah melakukan strategi jitu dan mencetak poin, skor berhasil imbang 25-25. Pertandingan pun kembali berjalan sengit. Tak disangka, SMA Mondial mampu membalikkan keadaan dan memenangkan pertandingan dengan skor 30-25.

Pelatih Tim Basket SMA Mondial, Pardo, mengatakan, kunci timnya bisa membalikkan keadaan ada pada motivasi dan mental para pemain yang dimiliki masing-masing pemain. Kuartet ketiga menjadi titik balik timnya bisa mengejar ketertinggalan dan mengakhiri dengan kemenangan.

”Iya, kuncinya pada motivasi, khusus pada pemain yang terima tekanan dari pendukung lawan. Terbukti kita mampu mengejar ketertinggalan dan memenangkan pertandingan,” ucapnya.

Ia pun tetap optimis kepada timnya bisa bermain jauh lebih baik lagi, khususnya pada partai final mendatang.

”Kuncinya kami terus solid dan nothing to loose kepada tiap lawan yang dihadapi,” tutupnya.

Pada partai semifinal lainnya, tim putra SMAN1 Tanjungpinang yang bentrok dengan tim SMA Maitreyawira, pada kuarter pertama, langsung berjalan ketat. Kedua belah tim saling memberikan perlawanan, dengan skor 7-13 untuk keunggulan SMA Maitreyawira.

Kemudian pada kuarter kedua, SMA Maitreyawira masih unggul dengan skor 14-23. Lalu memasuki kuarter terakhir, dominasi SMA Maitreyawira semakin terlihat dengan berbagai percobaan tembakan dua dan tiga angka yang berhasil. Skor akhir pada semifinal 26-53 untuk keunggulan SMA Maitreya-wira atas SMAN1 Tanjungpinang.

Di tim putri tak kalah serunya.

Tim putri dari SMA Mahabodhi Karimun yang bentrok dengan SMA Yos Sudarso sudah menunjukkan dominasinya. Pada kuarter pertama, SMA Mahabodhi mendominasi dan ditutup dengan skor telak 12-0.

Memasuki kuarter kedua, tempo permainan semakin cepat. Kedua tim silih berganti mencetak angka, namun SMA Mahabodhi tetap unggul 14-8 dari SMA Yos Sudarso.
Memasuki kuarter ketiga, SMA Yos Sudarso mencoba memperkecil ketertinggalan dengan memberi perlawanan sengit. Skor menjadi 27-19.

Namun di kuarter keempat, SMA Mahabodi kembali mendominasi pertandingan, sehingga memperoleh skor akhir 37-24. Tim putri SMA Mahabodhi pun berhak masuk ke final.

Kemudian, di pertandingan semifinal lainnya, tim basket putri SMA Mondial melawan SMA Maitreyawira. Tim basket Maitreyawira berhasil unggul di kuarter pertama. Lalu di kuarter ketiga, SMA Maitreyawira masih mendominasi jalannya pertandingan, hingga berhasil unggul 15-24.

Pertandingan berjalan dengan cepat di kuarter terakhir. SMA Mondial mencoba mengejar ketertinggalan 9 angka dengan percobaan tembakan tiga angka. Usaha tim putri Mondial pun bisa mengembalikan keadaan dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 33-26 atas SMA Maitreyawira.

Rencananya, partai puncak (final) akan mempertemukan SMA Mondial melawan SMA Maitreyawira di tim basket putra.

SMA Mahabodhi dari Karimun vs SMA Mondial di tim putri akan berlangsung di Hi-Test

Arena, Minggu (16/2/2020) pukul 16.00 WIB. Diharapkan kepada siswa siswi SMA sederajat dapat meramaikan partai final tersebut. (zis)

Update