Kamis, 25 April 2024

Manfaatkan Barang Bekas, Miniatur Buatan Putra Karimun Tembus Malaysia dan Singapura

Berita Terkait

batampos.co.id – Bermula, dari membantu para pelajar untuk membuat tugas sekolah, Edi Kurniawan, seorang pemuda asal Urung Tanjungberlian, kini berhasil membuat inovasi terbaru dari barang bekas.

Melalui tangan terampilnya, barang-barang bekas yang selama ini tidak berguna disulap menjadi produk unggulan.

Sandal jepit, pipet minuman, minuman kaleng, plastik ember cat dan sebagainya dirakitnya menjadi berbagai produk miniatur.

“Alhamdulillah, sudah satu tahun ini saya mengeluti produk unggulan ini,” jelasnya, Senin (17/2/2020).

Edi pun memasarkan dan mempromosikan hasil kerjaan tangannya dengan memanfaatkan jejaring media sosial.

“Cukup banyak peminatnya,” jelas Edi.

Miniatur yang dirakitnya, mulai dari kendaraan roda dua, mobil dan kapal dengan berbagai model.

Mengusung konsep lawas, karya Edi cukup banyak dilirik para pecinta miniatur.

Edi Kurniawan pemuda Urung, Kabupaten Karimun dengan hasil kerajinan tangannya yang berbahan barang bekas disulap menjadi produk unggulan dalam bentuk miniatur kendaraan. Hasil karyanya kini sudah menembus pasar Malaysia dan Singapura. Foto: Dokumentasi pribadi untuk batampos.co.id

“Untuk memproduksi satu unit miniatur membutuhkan waktu paling cepat satu hari,” jelasnya.

Hal itu karena dirinya masih mengandalkan pengeringan secara alami. Hingga saat ini, Edi telah menghasilkan sekitar 400 miniatur kendaraan.

Edi menjelaskan, peminat miniaturnya tidak hanya dari Karimun saja. Tpai juga dari negeri tetangga, Malaysia dan Singapura.

“Rata-rata pemesanan produk kendaraan kuno, dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 170 ribu,”  jelasnya.

Dengan memanfaatkan produk barang bekas yang ada dilingkungan sekitar rumah, dirinya berharap, anak-anak remaja bisa mengikuti jejaknya untuk memproduksi miniatur kendaraan lawas.

Sehingga, bisa menjadi wirausaha baru dan menjadikannya sebagai penghasilan.

“Saya ingin memberikan motivasi kepada para remaja, agar bisa merubah maindset untuk menjadi pengusaha dengan memanfaatkan produk barang bekas,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, UKM dan ESDM, Kabupaten Karimun, M Yosli, sangat mendukung apa yang dilakukan Edi.

“Saya kemarin sudah berkunjung ke rumah Edi Kurniawan dan ini merupakan inovasi baru dalam membangun wirausaha yang sederhana namun menjanjikan,” jelasnya.

”Jadi bisa kita berdayakan, produk unggulannya untuk diikutsertakan dalam pameran di Batam maupun pameran di acara MTQ kabupaten atau Provinsi nanti,” terangnya lagi.(tri)

Update