batampos.co.id – Tiara Anugrah, 18, dan Lyodra Ginting, 16, tersenyum bangga dan melenggang penuh percaya diri ke auditorium MNC Studios Tower 1, Rabu sore (19/2). Kompak berbusana putih-biru, dua gadis belia itu menyapa awak media serta fanbase mereka, Mylyodra dan Mootiara. Dua kubu fans tak henti bersorak untuk sang idola.

Senin malam (17/2), Lyodra dan Tiara lolos ke babak grand final Indonesian Idol X. Mereka unggul atas Ziva Magnolya, kontestan asal Jakarta, yang harus puas berada di posisi ketiga dan tereliminasi pada babak tiga besar. Lyodra dan Tiara langsung diarak dengan sebuah mobil beratap terbuka.

Tiara dan Lyodra sama-sama tak menyangka bisa masuk grand final. Awalnya, mereka hanya ingin muncul di televisi tanpa ada target menang. ’’Eh, ternyata bisa sejauh ini. Alhamdulillah banget,” kata Tiara, dengan logat Jawa yang cukup kental.

Tiara maupun Lyodra sebetulnya sudah sangat berpengalaman dalam karir menyanyi. Keduanya langganan menang lomba menyanyi dan punya bekal belajar vokal. Lyodra bahkan pernah menjuarai lomba menyanyi di Sanremo, Italia, dan meraih AMI Awards kategori Artis Solo Perempuan Anak-Anak Terbaik pada 2017. ”Mereka muda, tapi nggak instan,” tegas Ari Lasso, juri Indonesian Idol.

Setiap grand finalist punya kelebihan dan ciri khas. Lyodra dikenal punya suara dan teknik menyanyi yang berkualitas. Sementara itu, Tiara kerap dipuji karena penampilannya yang sangat menghibur dan mudah menarik perhatian publik. Judika Sihotang, juri lainnya, yakin pertarungan dua perempuan itu bakal sengit. Pasalnya, mereka tangguh dan punya fanbase loyal.

Grand final Indonesian Idol X akan berlangsung Senin (24/2) pukul 21.00 WIB di studio RCTI+. Grand finalist akan tampil beberapa kali. Mereka berkolaborasi dengan bintang tamu dan membawakan lagu kemenangan karya trio Laleilmanino. Lantas, pada Result & Reunion Show Senin (2/3) akan diumumkan jawara Indonesian Idol X.

Menjelang akhir jumpa pers, Lyodra dan Tiara memberi statement tentang alasan mereka layak menang. ”Aku bisa membawakan lagu dengan enak dan dengan versiku,” tutur Tiara, yang disambut sorakan Mootiara.

Lyodra tak mau kalah. Perempuan asal Medan itu balas meyakinkan audiens. ’’Saya punya kualitas suara dan potensi penuh untuk tampil maksimal,” ujarnya, yang bikin senang Mylyodra.

Di tengah momen ingar-bingar itu, tebersit duka. Bunga Citra Lestari (BCL), juri yang lain, tidak hadir lantaran berduka atas meninggalnya sang suami, Ashraf Sinclair, Selasa lalu (18/2). Sebagai penghormatan, seluruh hadirin di jumpa pers mengenakan pita hitam dan mengheningkan cipta untuk Ashraf sebelum acara inti dimulai. BCL juga membatalkan penampilannya di Love Fest besok malam (21/2).(len/c18/nda)