Rabu, 24 April 2024

Kakek 101 Tahun Dikira 1 Tahun

Berita Terkait

BREXIT membuat Giovanni Palmiero pening. Dia ingin tetap tinggal di Inggris setelah negara tersebut resmi berpisah dari Uni Eropa (UE). Sayangnya, itu tidak mudah.

Identitasnya dipertanyakan. Agar Palmiero lolos seleksi, petugas meminta orangtuanya mengonfirmasi identitasnya. Yang menjadi masalah, Palmiero berusia 101 tahun. Orangtuanya tentu saja sudah tidak ada di dunia.

Kejadian tersebut bermula saat kakek berdarah Italia itu mengajukan diri untuk tetap tinggal di Inggris. Dia datang ke Inggris pada 1966.

Giovanni Palmiero

Petugas membantunya memindai data biometrik paspor Palmiero dengan aplikasi khusus. Masalahnya, aplikasi tersebut didesain untuk membaca dua digit angka saja. Palmiero yang lahir pada 1919 oleh sistem terbaca 2019. Tiga digit usianya tak terbaca. Dia dianggap masih berusia 1 tahun.

Petugas menghubungi Home Office, departemen yang meng-urus imigrasi di Inggris. Data Palmiero tidak ditemukan di sana. Biasanya, data lansia ada di Departemen Pekerjaan dan Pensiunan. Dari sinilah, petugas Home Office akhirnya meminta orangtua Palmiero mengonfirmasi data anaknya.

Permintaan itu tentu saja langsung diurungkan begitu mereka tahu usia Palmiero sebenarnya. Untung saja, pembuktian pernah tinggal di Inggris bisa dilakukan dengan tagihan keperluan rumah tangga atas namanya. Jika orangtua Palmiero betulan datang, petugas pasti bakal lari tunggang-langgang. (*/sha/c20/ayi)

Update