Jumat, 29 Maret 2024

Warga Batam, Anda Diimbau Batasi Kunjungan ke Singapura

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam akan meningkatkan pengawasan di pintu masuk wisatawan, pasca ditemukan tiga warga negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi lanjutan, terkait asal WNI tersebut, apakah ada yang berasal dari Batam.

”Saya masih Rakernas di Jakarta. Jadi, belum terima informasi lengkap. Yang jelas sekarang pintu masuk lebih diperketat,” ujarnya.

Menurutnya, pekerja yang keluar masuk Batam dan negara tentangga juga tidak sedikit. Untuk itu membutuhkan pengawasan yang lebih ketat ke depannya.

”Dengan adanya kasus WNI ini, pasti ada peningkatan. Meskipun di Batam belum ditemukan kasus yang positif,” imbuhnya.

Pusat Penyakit Menular Nasional di Rumah Sakit Tan Tock Seng di Singapura. Rumah sakit yang juga menangani pasien virus Korona di Singapura. Foto: Roslan Rahman/AFP)

Meskipun Singapura sudah menaikkan kewaspadaan di tingkat oranye, hingga kini belum ada larangan berwisata baik masuk maupun keluar Batam.

Namun sebaiknya kata dia, warga Batam membatasi kunjungan ke Singapura guna menekan penyebaran Covid-19 ini.

”Kalau yang bekerja di kapal pesiar itu kan tidak bisa dijangkau. Untuk itu, tim kesehatan memperketat di pelabuhan dan bandara,” imbuhnya.

Tim kesehatan, menurutnya, sudah mempersiapkan langkah cegah tangkal untuk menekan penyebaran.

Virus ini belum ada vaksinnya. Untuk itu, jika bepergian ke luar negeri, warga dimbau gunakan masker.

”Mudah-mudahan kondisi aman dan tidak ada temuan nantinya,” harapnya.(yui)

Update