Sabtu, 20 April 2024

Patroli Para Calon Polisi

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 12 siswa SPN Polda Kepri yang sedang latihan kerja di wilayah hukum Polsek Balai Karimun, melaksanakan patroli sambil berinteraksi dengan kalangan masyarakat.

Mulai dari kedai kopi, pertokoan hinggapasar, sambil menyampaikan pesan pentingan menjaga kamtibmas bersama-sama.

Selain itu, para siswa tersebut menghimbau agar tidak terprovokasi dengan informasi hoax maupun ujaran kebencian di media sosial.

Sehingga, tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh semua pihak.

“Paling penting para siswa SPN Polda Kepri, harus bisa memberikan contoh yang positif kepada masyarakat. Ketika sudah sah menjadi anggota Polri, bisa mengayomi masyarakat nantinya,” terang Kapolsek Balai Karimun, AKP Budi Hartono, Kamis (20/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut, melalui interaksi langsung dengan masyarakat nantinyapara calon-calon perwira kepolisian bisa menjalin silaturahmi bersama masyarakat.

Siswa SPN Polda Kepri Adrianto saat beritegrasi dengan masyarakat Kabupaten Karimun. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Ketika sudah menjadi anggota Polri saat ditugaskan, bisa langsung berbaur kepada masyarakat dalam rangka Kamtibmas.

“Salah satunya adalah, tentang intoleransi yang belum lama ini heboh di pusat,” jelasnya.

“Padahal, kenyataannya di Karimun sendiri sangat toleransi terhadap agama dan tidak ada sesuatu yang negatif,” ujarnya lagi.

Untuk itulah, para siswa tersebut bisa mempelajari bagaimana menyerap informasi tentang perkembangan situasi di wilayah setempat.

Kemudian, bagaimana turut sertadalam Harkamtibmas agar selalu kondusif dan harmonis yang pada akhirnya terciptalah situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.

“Di sinilah, calon-calon pengayom masyarakat diuji. Bagaimana, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat agar tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab nantinya,” kata Budi.

Sementara itu salah satu siswa SPN Polda Kepri, Adrianto, mengungkapkan, sangat senang dapat memberikan informasi yang positif kepada masyarakat.

Dan, sebagai pembelajaran bagi dirinya untuk berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam mengayomi saudara-saudaranya tanpa pandang bulu.

“Komitmen saya yang sudah ingin menjadi anggota Polri. Untuk dapat mengayomi masyarakat, khusus tentang informasi yang tidak benar supaya jangan termakan isuyang berdampak negatif nantinya bagi masyarakat,” ucapnya.(tri)

Update