Jumat, 29 Maret 2024

BP Batam Anggarkan Rp 900 Miliar Bangun Infrastruktur

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam menganggarkan sekitar Rp 900 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Batam, khususnya jalan di kawasan industri. Direktur Infrastruktur Kawasan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan salah satu target utama BP yakni menambah jalur di Jalan Hang Kesturi, Kabil, Nongsa.

”Jalan Hang Kesturi nanti jadi proyek multi years. Total mau dibangun sepanjang 10 kilometer dan tujuh meter lebarnya untuk jalur kedua hingga Batubesar,” katanya Jumat (21/2).

Selain Jalan Hang Kesturi, target pembangunan infrastruktur BP antara lain membangun taxiway di bandara internasional tersebut. Serta membangun akses Pelabuhan Batuampar.

”Begitu juga dengan jalan-jalan di kawasan industri memang jadi tugas BP Batam. Saya tak hafal persis, tapi anggaran Rp 800 hingga Rp 900 miliar semuanya,” ucapnya.
Bachroni melanjutkan bahwa anggaran sudah disetujui Kementerian Keuangan. ”Jadi ini sudah masuk dalam perencanaan kami,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Kabil Citra Nusa yang mengelola Kawasan Industri Terpadu Kabil (KITK), Peter Vincent pernah mengatakan, kondisi Jalan Hang Kesturi yang buruk sudah lama menghantui industri di Kabil.

Karena hal tersebut, banyak perusahaan minyak dan gas (migas) yang tidak melirik investasi di Batam karena jalanannya dianggap berbahaya sehingga tidak aman.

”Kendala utama kita adalah jalan yang tidak layak karena sering rusak berat ketika banjir,” ucapnya.

Peter mengatakan, saat kondisi puncak, yakni ketika banyak perusahaan yang memberlakukan over time (OT), maka jumlah orang yang ada di KITK bisa mencapai 25 ribu. Baik itu pekerja pabrik, karyawan kantor, pedagang, dan lainnya. ”Sehingga saat ramai sering terjadi kecelakaan,” ucapnya. (leo)

Update